Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Balai Wilayah Sungai Sumatera I,  Ditjen Sumberdaya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan studi revitalisasi Danau Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Aceh.

"Revitalisasi ini perlu dilakukan agar Danau Laut Tawar berfungsi seperti sediakala dan tetap memberi manfaat untuk masa depan masyarat Aceh Tengah khususnya dan Aceh umumnya," kata Kepala Seksi Pelaksanaan Balai Wilayah Sungai Sumatera I,  Azriyan di Takengon, Rabu.

Ia menjelaskan kondisi Danau Laut Tawar di Kabupaten Aceh Tengah saat ini telah mengalami penyusutan serta berbagai masalah lainnya sehingga memerlukan upaya revitalisasi.

Menurut dia dari hasil studi tersebut nantinya akan ada rekomendasi apa yang harus dilakukan untuk revitalisasi fungsi Danau Laut Tawar,  baik fisik maupun nonfisik.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam pelaksanaan studi tersebut termasuk dengan langkah-langkah dilakukan setelah ada hasil dari studi yang dilakukan," katanya.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menilai perlu dilakukan revitalisasi danau yang ada di kabupaten setempat karena diakui kondisi saat ini ada penurunan fungsi Danau Laut Tawar dari sebelumnya.

Menurut Nasaruddin, Danau Laut Tawar memang terletak di Aceh Tengah tapi airnya dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Aceh yang berdomisili di beberapa kabupaten dan kota pesisir utara Aceh.

"Jika fungsi danau terganggu, yang merasakan dampaknya bukan hanya masyarakat sekitar, tapi lebih besar adalah masyarakat di pesisir atau di hilir. Artinya untuk pengelolaan danau perlu kebersamaan dan dukungan pemerintah provinsi maupun pusat," demikian Nasaruddin.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017