Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sedang memasuki musim panen buah langsat, durian dan rambutan, buah-buah tersebut banyak ditemukan di desa-desa di kecamatan Tangan-Tangan, salah satunya di Desa Ie Lhob.
 
Salah seorang petani buah di Desa Ie Lhob, Yusuf, Rabu, mengatakan, musim panen buah langsat kali ini melimpah sehingga harganya jadi murah. 
 
“Kalau tahun lalu harga buah langsat Rp20 ribu per kilogram, sekarang hanya Rp5 ribu per kilogram,” kata Yusuf.

Baca juga: Kelapa Bakar laris di PKA 8, terjual 50 buah setiap hari
 
Yusuf mengatakan, pedagang tidak mau menampung buah langsat petani dengan jumlah banyak. Karena di sejumlah wilayah di Aceh tengah juga musim panen raya buah.
 
"Jadi pasokan buah langsat di pasar-pasar saat ini melimpah. Pedagang takut rugi kalau beli banyak,” ujarnya.
 
Begitu juga dengan harga buah durian. Yusuf mengaku, harga buah durian lokal di tingkat petani dijual mulai dari Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per buah. 
 
“Jauh lebih murah dibandingkan musim panen tahun lalu. Tahun lalu harga buah durian dijual petani mencapai Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per buah,” katanya.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Arsal warga lainnya. Ia menambahkan, saat ini petani buah di Desa Ie Lhob sedang giat-giatnya memanen buah langsat, durian dan rambutan di kebun mereka. 
 
“Kami berharap harga buah bisa naik sedikit, agar kami bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar untuk menutupi kebutuhan rumah tangga,” tuturnya.

Baca juga: Pemko Sabang potensi pertanian buah alpukat di PKA 8

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023