Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Tengah Nasaruddin menemui Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof Kamaruddin Amin dalam upaya menindaklanjuti percepatan alih status STAIN Gajah Putih menjadi IAIN.

"Peningkatan status STAIN Gajah Putih menjadi IAIN memiliki urgensi dan dampak yang luar biasa bagi masyarakat dan kemajuan wilayah tengah Aceh," kata Nasaruddin dalam siaran pers yang diterima Antara di Banda Aceh, Senin.

Nasaruddin yang turut didampingi Ketua STAIN Gajah Putih, Zulkarnain mengatakan peningkatan status yang sedang diusulkan tersebut terus diupayakan, mengingat kebutuhan masyarakat di wilayah tengah Aceh tersebut.

Menurut dia dengan alih status tersebut akan memberikan dampak positif dan juga akan meningkatkan peran perguruan tinggi Gajah Putih dalam berkontribusi meningkatkan kemampuan sumber daya manusia serta dalam membangun daerah di dataran Tinggi Gayo tersebut.

Nazaruddin mengatakan sebelumnya Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, Prof Nizar ketika berkunjung ke Takengon pada 14 Maret 2017 mengatakan STAIN Gajah Putih masuk dalam usulan prioritas menjadi IAIN dan sangat logis karena satu-satunya perguruan tinggi negeri di wilayah tengah Aceh.

"Kalau di pulau Jawa ada satu provinsi bisa punya empat IAIN, jadi wajar jika STAIN Gajah Putih di wilayah tengah Aceh diprioritaskan lebih cepat menjadi IAIN," kata Nizar.

Nizar mengakui senang jika hal tersebut terwujud, karena menunjukkan bagian dari kontribusi Kementerian Agama yang besar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017