Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah meminta para guru di kabupaten tersebut untuk tidak terlibat dalam politik praktis menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024. 

"Saya ingatkan para guru untuk tidak memperlihatkan dukungan kepada calon legislatif (caleg) dengan cara mem-posting foto bersama di media sosial," kata Darmansah saat melantik 121 guru sebagai pejabat fungsional di Blangpidie, Jumat. 

Ia mengatakan, sebagai tenaga pendidik, para guru harus bersikap netral dan menjaga integritas serta profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.

“Kita memiliki hak untuk memilih siapapun yang terbaik bagi kita, tapi kita harus bersifat netral dalam menanggapi politik, jangan sekali-kali kita mem-posting foto bareng caleg di media sosial,” ujarnya.

Ia juga berharap, para guru yang baru dilantik dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan siswa mereka dalam hal kualitas dan kompetensi. 

Ia mengatakan, pelantikan ini bukan hanya formalitas, tetapi juga sebagai bentuk penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri para guru.

“Saya berharap, para guru yang telah dilantik ini dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas, serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Abdya,” kata Darmansah.

Menurutnya, guru adalah profesi yang mulia dan berat. Guru adalah sosok yang berperan dominan dalam menentukan mutu pendidikan.

Peran guru sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. 

Baca juga: Kunjungi Abdya, tim dari Tapanuli Selatan belajar tentang Proklim

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023