Kontingen Kota Sabang berhasil mempertahankan juara umum dalam Weh Ocean Festival 2023 yang berlangsung di Pantai Gapang, Kecamatan Sukamakmue, Kota Sabang.

“Dari lima nomor pertandingan, tuan rumah Sabang berhasil meraih medali emas di nomor Orientasi Bawah Air (OBA) 5 poin putra, dan OBA 5 poin putri,” kata Ketua Pelaksana Weh Ocean Festival 2023 Iskandar Dodent di Kota Sabang, Senin.

Ia menjelaskan, Weh Ocean Festival 2023 telah berlangsung pada 2-3 Desember 2023, yang digelar oleh Dinas Pariwisata Sabang. Kompetisi tersebut sekaligus menjadi ajang silaturahmi para atlet olahraga air itu. 

Baca juga: Pemkot promosi wisata selam Sabang lewat Weh Ocean Festival 2023

Festival tersebut sudah menjadi ajang tahunan Kota Sabang yang sejak 2021. Kata dia, kompetisi ini bergengsi untuk dunia olahraga air, khususnya di wilayah Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

“Selain menjadi wadah pengembangan olahraga, Weh Ocean Festival menjadi daya tarik wisata Sabang, yang memang memiliki potensi besar wisata bahari,” ujarnya.
 

Apalagi, lanjut dia, pada Pekan Olahrag Nasional (PON) Aceh - Sumut 2024, Sabang juga telah ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan nomor-nomor olahraga selam perairan laut. 

"Harapannya lokasi yang sudah ditetapkan surat keputusan gubernur itu,  bisa menjadi aset Sabang nantinya dan menambah maju olahraga air di Sabang," kata Iskandar.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pariwisata Sabang Faisal Azwar mengatakan Weh Ocean Festival merupakan bagian untuk mempromosi wisata selam (diving) di daerah Pulau Weh agar tetap eksis.

"Tujuan Weh Ocean Festival ini memang untuk mempromosikan diving di Sabang, karena diving itu tetap menjadi tujuan utama ke Sabang," kata Faisal.

Acara ini juga menjadi salah satu upaya Pemkot Sabang dalam mengkampanyekan Sabang sebagai destinasi wisata olahraga (sport tourism). Festival ini turut melibatkan Persatuan Olahraga Selam Indonesia (Possi) Kota Sabang.

Kata dia, para peserta tidak hanya anggota Possi di Aceh, tetap juga peserta dari luar Aceh, yang tergabung dalam berbagai klub selam.

“Memang peserta bagian dari cabang olahraga Possi, tapi ditambah dengan kegiatan non atlet sehingga jadilah semacam sport tourism," ujarnya.

Berikut daftar pemenang Weh Ocean Festival 2023

Finswimming 1000 M (KTP Sabang):
1. Wahyu Saputra
2. Rahmat Safitra
3. Muhammad Habibie
4. Sya'bannullah
5. Muhammad Chadafi

Finswimming 2000 Meter Putra (Umum):
1. Adhi Nugroho, Star Aquatic Club
2. Arkhansyah Putra, Possi Sumut
3. Harry Han Jas, Start Aquatic Club
4. Syahru Putra Wajhi, Possi Sumut
5. Annuar, Possi Kota Sabang

Finswimming 2000 Meter Putri (Umum):
1. Vanni Nove, Possi Sumut
2. Dwi Honey Mariska, Star Aquatic Club
3. Siti Hadira Tania, Star Aquatic Club
4. Anindia, Possi Sumut
5. Fitria Margaretha Manurung, Star Aquatic Club

OBA 5 POINT PUTRA (Umum):
1. Annuar, Possi Kota Sabang
2. Muhammad Rafi, Ulee Kareng Diving Academy
3. M.Arbain Tania, Possi Aceh Besar
4. Wiwin Mustagin, Possi Aceh Tengah
5. Wahyudi, Possi Kota Sabang

Baca juga: Pemkot subsidi biaya angkut gas Elpiji ke Sabang guna kendalikan inflasi

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023