Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata terus mempromosi wisata selam (diving) di daerah Pulau Weh itu, salah satunya melalui Weh Ocean Festival 2023 agar wisata bahari Sabang tetap eksis.

"Tujuan Weh Ocean Festival ini memang untuk mempromosikan diving di Sabang, karena diving itu tetap menjadi tujuan utama ke Sabang," kata Kepala Dinas Pariwisata Sabang Faisal Azwar saat dihubungi dari Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan, ajang tersebut merupakan bagian dari promosi berkelanjutan Pemkot Sabang terhadap wisata diving Pulau Weh yang memang sudah terkenal hingga ke wisatawan mancanegara.

Baca juga: Spot foto 'underwater', alasan Anjungan Sabang di PKA terus ramai pengunjung

Selama ini, di Sabang banyak terselenggara acara seni, budaya, UMKM, dan berbagai event lainnya. Karena itu, kata dia, penting juga bagi Dinas Pariwisata Sabang untuk menggelar festival selam sebagai sarana promosi wisata bahari yang berkelanjutan.

"Sehingga wisata diving di Sabang selalu hidup, eksis. Jangan sampai atraksi wisata lain ada tapi diving sendiri tidak ada," ujarnya.
 

Weh Ocean Festival 2023 juga menjadi salah satu upaya Pemkot Sabang dalam mengkampanyekan Sabang sebagai destinasi wisata olahraga (sport tourism). Festival ini melibatkan Persatuan Olahraga Selam Indonesia (Possi) Kota Sabang.

Kata dia, peserta dalam ajang ini tidak hanya anggota Possi di Aceh, tetap juga peserta dari luar Aceh, yang tergabung dalam berbagai klub selam.

“Memang peserta bagian dari cabang olahraga Possi, tapi ditambah dengan kegiatan non atlet sehingga jadilah semacam sport tourism," ujarnya.

Ketua Pelaksana Iskandar mengatakan Weh Ocean Festival 2023 berlangsung mulai 2-3 Desember 2023. Perlombaan diving tersebut akan terpusat di Pantai Gapang, Kecamatan Sukamakmue, Kota Sabang.

“Kita buat ini juga untuk ajang silaturahmi antar cabang Possi," kata Iskandar.

Menurutnya, Weh Ocean Festival 2023 merupakan yang ketiga kalinya digelar di Pulau Weh, sejak 2021. Lomba selam tersebut sudah menjadi kegiatan tahunan di Pemkot Sabang.

“Kita juga mengundang klub-klub selam. Jumlah keseluruhan dengan kuota 100 orang, namun apabila lebih dari itu juga kita terima," ujarnya.

Adapun nomor yang akan diperlombakan di antaranya yakni Orientasi Bawah Air (OBA) 5 poin bagi putra dan putri, fin swimming 2.000 meter putra dan putri, serta fin swimming 1.000 meter putra.

“Total hadiah yang diperebutkan dalam Weh Ocean Festival 2023 sebesar Rp50,7 juta,” ujarnya.

Baca juga: Melirik potensi wisata selam Pulau Gosong di Aceh Barat Daya

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023