Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU) - Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) bekerja sama untuk mencapai status perguruan tinggi kelas dunia atau World Class University. 
 
"FISIP USU dan UKM melakukan kerja sama dalam Coaching Clinic dosen dalam rangka penulisan jurnal yang terindeks Scopus, diskusi penelitian perbatasan Indonesia dan Malaysia dan diskusi dan membentuk kelompok yang akan menulis buku, " kata Ketua Rombongan FISIP USU ke UKM Prof. Riza Buana Ph.D. 
 
Dia mengatakan itu usai pulang membawa rombongan 11 dosen dari lima program studi yakni Ilmu Komunikasi, Ilmu Admintrasi Publik, Ilmu Sosiologi, Ilmu Admintrasi Bisnis dan Ilmu kesejahteraan Sosial. 

Baca juga: Resmi dilantik, IKA-USU Aceh siap kontribusi bangun daerah
 
Kunjungan yang dilakukan 27 -30 November 2023 itu merupakan undangan dari Pusat Kajian Pembangunan, Sosial dan Persekitaran (SEEDS) Fakultas Sains Sosial dan Kemanusiaan Universitas Kebangsaan Malaysia di Bangi, Selangor Darul Ehsan Malaysia.
 
Dia menjelaskan, diskusi penelitian bersama itu melalui pendanaan Matching Grant.
 
 Kegiatan empat hari tersebut mendapat bimbingan dan arahan dari dosen yang mempunyai kualifikasi intelektual sangat baik dan penuh keramahan dan pelayanan yang cukup baik. 
 
 
Mulai dari Prof Madya Dr Novel Lyndon, Prof Dr Mohd Fuad Mat Jali, Prof Hair Awang, Dr Junaidi Awang besar dan Dr Zurinah Tahir.
 
Dia mengatakan, kerja sama FISIP USU -UKM itu membuat dosen FISIP mendapatkan banyak hal positif, mulai pencerahan pemikiran, serta pengalaman.
 
Banyak hal yang diperoleh dari pertemuan dan diskusi dosen FISIP USU dan UKM itu. 
 
"Kerja sama seperti dengan UKM perlu ditingkatkan terus agar FISIP dan USU secara global semakin dikenal dan mendapat citra positif di mata dunia internasional," katanya. 
 
Prof Riza Buana menegaskan, kerja sama FISIP USU dan UKM dalam rangka mencapai Word Class University yang telah dicanangkan USU. 
 
"Harapannya selain dengan UKM, FISIP USU bisa bekerjasama dengan universitas lain di berbagai negara agar benar- benar bisa mewujudkan Word Class University yang telah dicanangkan USU, " katanya.

Baca juga: USU peringkat 19 universitas terbaik di Indonesia

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023