Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Ayu Candra Febiola secara resmi menutup pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), diharapkan para peserta terus meningkatkan kreativitasnya.

"Para peserta PKW kita harapkan terus mengembangkan kreativitas dan semangat berwirausaha," kata Ayu Candra, di Banda Aceh, Jumat.

Untuk diketahui, Dekranasda Aceh bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI menggelar pelatihan menenun kain songket Aceh untuk 50 orang remaja putri yang putus sekolah dan menganggur, berlangsung selama 34 hari di Banda Aceh.

Baca juga: Dekranasda tingkatkan pembinaan industri kerajin gerabah di Aceh Besar

Peserta dalam kegiatan tersebut berasal dari enam kabupaten/kota di Aceh antara lain Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tengah dan Kota Langsa.

Ayu mengapresiasi para peserta PKW yang telah menyelesaikan program tersebut. Dengan penuh kebanggaan, beliau menekankan pentingnya keterampilan wirausaha dalam menghadapi dinamika ekonomi saat ini.

Ayu menegaskan bahwa keberhasilan mereka dalam mengikuti PKW adalah awal dari perjalanan panjang dalam dunia wirausaha.

"Aceh memiliki potensi besar dalam industri kreatif yang bisa dimanfaatkan oleh generasi muda sebagai ladang pengembangan wirausaha," ujar Ayu.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Dinas (UPTD) Rumah Kemasan Aceh (RKA), Dewiana mendukung kegiatan tersebut karena dinilai bisa membuat peserta lebih mandiri jika ingin membuka lapangan pekerjaan.

“Tujuan dari program ini kita mendidik anak-anak yang tidak melanjutkan pendidikan atau putus sekolah untuk lebih kreativitas dalam mengembangkan bakat di dunia pekerjaan," demikian Dewiana.

Penulis: Sella Dwi Puspita

Baca juga: Dekranasda Aceh pamerkan ragam hasil kerajinan di Jakarta

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023