Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Aceh memamerkan ragam hasil kerajinan tangan dari berbagai daerah di tanah rencong pada pameran produk kerajinan Inacraft on October 2023 di Jakarta.

"Banyak kerajinan dari berbagai daerah di Aceh yang kita tampilkan dalam pameran ini," kata Ketua Dekranasda Aceh Ayu Marzuki dalam keterangannya, di Banda Aceh, Kamis.

Dalam event tahunan pengrajin handicraft ini, Aceh memamerkan sejumlah hasil kerajinan seperti batik, tas bilie droe dari Aceh Besar, songket, surita bordir. 

"Kemudian juga ada hasil kerajinan dari Kota Banda Aceh itu menampilkan pucok, tenun songket, serta ija pinggang," ujarnya.

Selain itu, kata Ayu, Dekranasda Aceh juga menampilkan hasil kerajinan dari wilayah Aceh Tengah, diantaranya taplak meja, kain pawak. Lalu, dari Kabupaten Pidie ada kupiah meukutop dan kain kasab komplit.

"Dari Aceh Timur, ada anyaman pandan berupa tikar, bantal kursi, serta anyaman terawang khas daerah tersebut lainnya. Dan terakhir dari Aceh Selatan ada sarung selendang motif bungong situnjuang," ujarnya.

Ayu berharap, kedepannya akan banyak lagi hasil kerajinan dari tanah rencong yang dapat dipamerkan dalam event-event bertaraf nasional hingga internasional.

"Kedepannya, masih ada lagi kerajinan asal Aceh dari daerah lainnya yang bisa ditampilkan pada event nasional ini," demikian Ayu Marzuki.


 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023