Banda Aceh (ANTARA Aceh). - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Rafly, menggalang bantuan kemanusiaan untuk rakyat Somalia, sebuah negara di Afrika, yang sedang mengalami kelaparan.

"Penggalangan bantuan kemanusiaan ini untuk menggugah masyarakat Aceh atas nasib saudara-saudara kita di Somalia," kata Rafly di Banda Aceh, Sabtu.

Saat ini, kata dia, jutaan rakyat Somalia mengalami bencana kelaparan. Begitu juga dengan negara Afrika lainnya, Sudan Selatan, jutaan rakyat di negara itu juga mengalami bencana serupa.

Menurut Rafly, kerentanan pangan atau kelaparan di Somalia merupakan bencana kemanusiaan harus ditanggapi dengan serius. Apalagi, bencana kemanusiaan tersebut sudah menimbulkan korban jiwa.

Oleh karena itu, Rafly mengaku tergerak untuk menggalang bantuan kemanusiaan untuk rakyat Somalia yang membutuhkan pangan. Dengan bantuan ini, penderitaan rakyat Somalia diharapkan menjadi ringan.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Aceh membantu rakyat Somalia yang membutuhkan bantuan. Sekecil apapun bantuan diberikan, sangat berarti bagi rakyat Somalia," kata Rafly yang juga dikenal sebagai penyanyi etnik Aceh tersebut.

Untuk penyaluran bantuan, Rafly menyatakan bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Bantuan tersebut akan dikirim dengan program Kapal Kemanusiaan untuk Kelaparan Afrika.

Selain menggalang bantuan, kami juga berencana menggelar konser amal untuk Somalia. Kami berharap dukungan semua pihak agar kapal kemanusiaan untuk rakyat Somalia bisa dikirim segera," harap Rafly. 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017