Universitas Syiah Kuala (USK) memberikan pembekalan terkait hak dan kewajiban bagi seluruh mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K), sehingga mereka fokus belajar, kata pejabat di kampus tersebut.

"Para penerima KIP K harus fokus belajar dan meraih cita-citanya, sehingga bisa lulus dengan IPK yang telah disyaratkan yaitu di atas tiga," kata Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni USK Dr Muhammad Ilham Maulana di Banda Aceh, Rabu.

Ia menyebutkan USK menerima sebanyak 1.120 mahasiswa penerima beasiswa KIP untuk skema I dan untuk skema II atau penerima beasiswa yang tidak menerima biaya hidup sebanyak 545 orang.

Ia menjelaskan, menjadi penerima beasiswa KIP K merupakan sebuah kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena tidak semua orang memperoleh beasiswa tersebut.

"Menjadi seorang mahasiswa adalah momen yang tidak terulang lagi. Anda beruntung menjadi mahasiswa penerima beasiswa KIP K, karena anda bisa fokus meningkatkan prestasi akademik dan non akademik," katanya.

Ilham juga mengajak mahasiswa KIP K ini untuk memanfaatkan berbagai program kemahasiswaan yang ada untuk meningkatkan kompetensi, baik itu program kewirausahaan, PMM, dan kompetisi bidang kemahasiswaan lainnya.

"Ada banyak kegiatan kemahasiswaan yang mengisi diri anda. Itu penting untuk bekal anda saat terjun ke masyarakat, karena anda adalah alumni kami di masa depan," katanya.

Commercial Funding BTN Syariah Muhammad khairi menjelaskan secara teknis penyaluran beasiswa KIP K serta sejumlah layanan perbankan yang khusus diberikan kepada para penerima beasiswa tersebut di antaranya bebas biaya administrasi pengelolaan kartu, gratis biaya penarikan di seluruh ATM merah putih atau jaringan ATM Himbara, tidak ada syarat saldo minimum dan lainnya.

Ia mengatakan berbagai langkah yang dilaksanakan tersebut merupakan bentuk dukungan BTN Syariah dalam menyukseskan program Beasiswa KIP K.

"Kami sudah bekerja sama dengan 87 mitra baik PTN maupun PTS di seluruh Aceh, termasuk salah satunya PTN terbaik di Aceh yaitu Universitas Syiah Kuala," katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023