Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FKIP Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh kini resmi dinyatakan berpredikat unggul oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik). 

"Alhamdulillah berkat kerja sama yang baik antara lintas sektor di lingkungan USK, prodi PBI USK dapat meraih predikat terbaik untuk akreditasi prodi," kata Ketua Jurusan PBI USK Denni Iskandar, di Banda Aceh, Jumat.

Predikat unggul tersebut resmi dikantongi PBI USK pada Rabu (13/12) lalu dengan nomor SK 1179/SK/LAMDIK/Ak/S/XII/2023 dan berlaku sampai 13 Desember 2028.

Denni menyampaikan, dengan raihan predikat unggul ini, ke depannya akan banyak manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa PBI USK, terutama ada kemudahan dalam pengajuan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan dan melamar pekerjaan. 

"Mahasiswa kita yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri pastinya akan mudah apabila 
akreditasi prodinya unggul, apalagi beberapa lembaga penyalur beasiswa mempersyaratkan akreditasi unggul untuk mendaftar," ujarnya.

Selain itu, kata Denni, manfaat ini juga akan sangat terasa bagi mahasiswa PBI USK yang ikut sejumlah program di kampus seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Pertukaran Pelajar, dan Kampus Mengajar.

"Mereka yang ikut sejumlah program tersebut tentunya tidak akan merasa kesulitan lagi karena akreditasi prodi yang sudah unggul apalagi label ini menunjukkan kualitas pembelajaran yang sudah sangat baik dan diakui oleh lembaga yang kredibel," katanya.

Denni berharap, raihan akreditasi unggul ini bisa berimplikasi positif bagi lulusan Prodi PBI USK, serta menjadi pemantik bagi tenaga pendidikan untuk terus mempertahankan predikat unggul, sehingga nantinya bisa diakui akreditasi intenasional.

"Kami juga bercita-cita suatu saat nanti Prodi PBI USK ini bisa dapat akreditasi secara internasional," demikian Ketua Jurusan PBI USK itu.

 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023