Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh mengerahkan 2.351 personel Operasi Lilin Seulawah untuk pengamanan libur akhir tahun serta natal dan tahun baru di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Wakil Kepala Polda Aceh Brigjen Pol Armia Fahmi di Banda Aceh, Kamis, mengatakan dua ribuan personel tersebut terdiri 115 dari Polda Aceh, 999 personel polres jajaran, serta 1.237 personel instansi terkait lainnya.

"Operasi Lilin Seulawah fokus untuk pengamanan libur natal serta akhir tahun dan tahun baru. Operasi berlangsung 23 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Sasaran pusat keramaian masyarakat serta objek vital seperti rumah ibadah, bandara, pelabuhan, tempat wisata, dan lainnya," katanya.

Baca juga: Kapolda Aceh pimpin patroli dengan helikopter pantau perairan antisipasi rohingya

Pernyataan tersebut disampaikan Armia Fahmi usai menjadi inspektur upacara kesiapan Operasi Lilin Seulawah di Mapolda Aceh. Upacara ikuti unsur yang terlibat dalam Operasi Lilin Seulawah ditandai pemasangan pita tanda operasi.

Selain personel, kata jenderal polisi bintang satu itu, Polda Aceh juga membentuk pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu. Pos pengamanan dibentuk di 26 lokasi, pos pelayanan di 23 lokasi, dan pos terpadu satu lokasi.

"Kepolisian juga juga sudah memetakan objek pengamanan dan lokasi rawan kejahatan dan rawan kecelakaan lalu lintas. Di lokasi rawan tersebut ditempatkan personel pengamanan," kata Armia Fahmi.

Ia mengatakan libur natal akhir tahun dan tahun baru ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, berbarengan dengan kampanye Pemilu 2024, sehingga potensi kerawanannya juga lebih tinggi.

Namun, kata Armia Fahmi, pengamanan dua kegiatan tersebut tentu berbeda. Pengamanan natal serta libur akhir tahun dan tahun baru dilakukan dengan Operasi Lilin Seulawah. Sedangkan pengamanan Pemilu 2024 dilakukan dengan Operasi Mantap Brata.

"Personel yang terlibat di Operasi Lilin Seulawah tidak dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata. Jadi, masing-masing personel yang dilibatkan hanya fokus pada penugasannya dalam operasi tersebut, sehingga pelaksanaannya bisa lebih maksimal," kata Armia Fahmi.

Baca juga: Polda Aceh intensifkan patroli ke kantor penyelenggara pemilu, ini tujuannya

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023