Tim Operasi Mantap Brata Seulawah Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh mengintensifkan patroli ke kantor penyelenggara pemilu guna mencegah gangguan keamanan menjelang Pemilu 2024.

"Patroli ke kantor penyelenggara pemilu ini untuk memastikan tidak ada gangguan keamanan di tempat tersebut," kata Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Mantap Brata Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto di Banda Aceh, Senin.

Adapun kantor penyelenggara pemilu yang didatangi tim Operasi Mantap Brata Seulawah yakni Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Aceh dan Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh. Dua kantor tersebut berada di Banda Aceh.

Baca juga: Tim Mabes Polri awasi operasi pengamanan Pemilu 2024 di Aceh

Menurut Joko Krisdiyanto yang juga Kepala Bidang Humas Polda Aceh itu, pengintensifan patroli tersebut karena hari pemungutan suara semakin dekat, yakni pada 14 Februari 2024.

"Patroli ini merupakan tugas rutin yang diintensifkan. Tujuannya untuk memastikan semua tahapan Pemilu 2024 berlangsung kondusif serta penyelenggaraan pemilu berjalan aman dan lancar," kata Joko Krisdiyanto.

Selain patroli dam pengamanan, kata dia, Operasi Mantap Brata Seulawah juga menyampaikan informasi dam pesan menyebutkan kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024.

"Kami di Satgas Humas Operasi Mantap Brata Seulawah Polda Aceh akan terus menyampaikan pesan damai menyejukkan kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024," katanya.

Oleh karena itu, Joko Krisdiyanto mengajak masyarakat mewujudkan pesta demokrasi yang berlangsung damai dan aman. Dan pemilu bukan menjadi ajang perpecahan sesama masyarakat.

"Kami juga mengajak masyarakat mencegah pemberitaan bohong atau hoaks pada Pemilu 2024. Hoaks ini menjadi ancaman pemilu damai," kata Joko Krisdiyanto.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pemilu legislatif di Aceh, selain partai politik nasional juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha'at (Gabthat), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Aceh (PA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Baca juga: Aceh Barat latih personel Linmas sukseskan Pemilu 2024
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023