Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan menggelar upacara peringatan HUT ke 78 tahun 2023 di Alun-alun, Tapaktuan, yang berlangsung khidmat.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma di Aceh Selatan, Kamis, mengajak semua elemen masyarakat untuk mengingat kembali rangkaian sejarah yang telah mengantarkan kabupaten aceh selatan mencapai usianya yang ke 78. 

"Kabupaten yang kita cintai ini, lahir dari kebulatan tekad serta cita-cita mulia untuk mewujudkan Aceh Selatan sebagai kabupaten yang mandiri. Tentunya hal tersebut tidak mungkin terjadi tanpa izin Allah SWT, serta kesungguhan hati para pendahulu kita," kata Cut Syazalisma.

Pada momentum peringatan hari jadi ke 78 ini, atas nama pribadi dan pemerintah daerah, Cut Syazalisma mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menjadi bagian dari perjalanan sejarah Kabupaten Aceh Selatan sejak awal berdiri, hingga saat ini. 

"Kepada para pendahulu, pemimpin, pejuang, ulama, tokoh masyarakat dan seluruh pihak yang telah  memprakarsai lahirnya Kabupaten Aceh Selatan untuk kemudian mengisinya dengan pembangunan sebagaimana kita rasakan pada saat sekarang ini," kata Pj Bupati Aceh Selatan.

Cut Syazalisma menambahkan pada usianya yang ke 78, Aceh Selatan terus berbenah, dan meraih berbagai pencapaian serta prestasi, baik dalam upaya penurunan persentase angka kemiskinan, pada tahun 2021, kemiskinan Aceh Selatan berada pada angka 13.18 persen. 

Selanjutnya pada 2022, berdasarkan data dirilis BPS, angka kemiskinan berhasil diturunkan menjadi 12.43 persen, dan pada 2023, tren penurunan angka kemiskinan kembali berhasil diraih, menjadi 12,10 persen.

"Selain penurunan angka kemiskinan, Kabupaten Aceh Selatan juga menunjukkan capaian positif dalam menekan angka kemiskinan ekstrem. Pada tahun 2022 lalu," ucapnya.

Ia menjelaskan Aceh Selatan menjadi satu-satunya kabupaten kota di Provinsi Aceh yang berhasil menekan angka kemiskinan ekstrem di bawah satu persen, yakni pada angka 0,94 persen. 

Untuk 2023, konsistensi Aceh Selatan dalam upaya menghapus kemiskinan ekstrem mendapatkan perhatian dan penghargaan dari pemerintah pusat melalui Wakil Presiden RI, dengan diserahkannya penghargaan atas kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem.

Pj Bupati Aceh Selatan memaparkan berbagai program pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan yang sudah dikonsentrasikan kepada upaya-upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat, yang capaiannya dapat digambarkan melalui indeks pembangunan manusia. 

Ia mengatakan pada perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 yang berlangsung pada awal November 2023, Aceh Selatan dengan mengusung semangat untuk mengembalikan kejayaan rempah dan berhasil mempertahankan gelar juara umum. 

Tidak hanya itu, dalam upaya menegakkan Syiar Islam melalui pelaksanaan MTQ Aceh ke 36 yang berlangsung di Simeulue pada awal Desember lalu, Aceh Selatan secara membanggakan berhasil meraih juara Umum Tiga. 

"Sebuah peningkatan yang patut mendapatkan apresiasi, setelah pada pelaksanaan mta sebelumnya di Bener Meriah, Aceh Selatan mendapat juara IV," ujarnya.

Cut Syazalisma kembali mengingatkan pada momen peringatan hari jadi Kabupaten Aceh Selatan ini, di tengah kebahagiaan dan keberhasilan meraih berbagai prestasi, Allah SWT memberikan ujian bagi saudara-saudara kita di wilayah Trumon Raya yang beberapa waktu lalu dilanda musibah banjir. 

"Berbagai bantuan untuk korban terdampak terus berdatangan. Bentuk atensi dan kepedulian luar biasa dicurahkan dari berbagai pihak untuk memberikan dukungan bagi para korban," katanya.

 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023