Universitas Syiah Kuala (USK) mengingatkan pihak sekolah dan siswa untuk segera melakukan registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) sebagai salah satu syarat untuk penerimaan mahasiswa.

“Setiap sekolah dan siswa wajib memiliki akun SNMPB agar bisa mengikuti jalur seleksi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan/atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024,” kata Rektor USK Prof Marwan di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan pendaftaran lebih awal merupakan salah satu upaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kendala jaringan dan lainnya.

“Jadi kami ingatkan, pihak sekolah dan siswa untuk segera melakukan registrasi aku SNPMB ini. Jangan mendaftarnya menjelang menit-menit akhir,” katanya.

Baca: USK kukuhkan enam guru besar baru

Adapun jadwal registrasi akun SNPMB ini telah dibuka sejak 8 Januari 2024 dan batas akhir untuk registrasi akun SNPMB sekolah sampai tanggal 8 Februari 2024 serta registrasi akun SNPMB siswa sampai tanggal 15 Februari 2024.

Rektor juga mengingatkan bahwa  siswa hanya bisa melakukan permanen akun jika pihak sekolah telah menyelesaikan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang jadwalnya mulai tanggal 9 Januari – 9 Februari 2024.

“Pengisian PDSS ini juga harus menjadi perhatian sekolah, gunakan waktu pengisian PDSS ini sebaik mungkin yang merupakan bagian dukungan kita terhadap masa depan anak-anak,” katanya.

Panitia SNPMB telah mengumumkan perubahan batas umur maksimal untuk peserta didik dan lulusan Paket C dalam mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer UTBK pada seleksi SNBT tahun 2024 yaitu batas umur maksimal pada Paket C dari 22 tahun menjadi 25 tahun.

Adapun persyaratan peserta UTBK-SNBT 2024 adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK sederajat Kelas 12 (kelas terakhir) pada tahun 2024 atau siswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK sederajat tahun 2022 dan 2023; peserta didik Paket C tahun 2024 atau lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024).

Baca: Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia USK kini berakreditasi unggul

 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024