Akademisi dan pemerhati lingkungan Aceh, TM Zulfikar meminta kepada pemerintah untuk  menindaklanjuti adanya permintaan melakukan investigasi, terhadap kasus berulang tumpahnya batu bara di sepanjang pantai di Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

“Pemerintah agar  segera melakukan investigasi pencemaran yang terjadi akibat tumpahan batu bara di perairan Desa Peunaga Rayeuk, secara serius sudah seharusnya dilakukan dan hasilnya diungkap ke publik,” kata TM Zulfikar dalam keterangan diterima ANTARA di Meulaboh, Jumat.

Menurutnya, masih terjadinya pencemaran laut akibat tumpahan batubara secara berulang kali di pantai Aceh Barat patut dipertanyakan dimana keberadaan Pemerintah saat ini. 

Baca juga: Tumpahan batu bara berulang kali cemari di pantai Aceh Barat, kemana pemerintah?

TM Zulfikar mengatakan, sebagaimana yang diberitakan beberapa media dan juga kekhawatiran kalangan pegiat lingkungan lingkungan di Kabupaten Aceh Barat jangan dianggap sebuah angin lalu. 

Ia menyebutkan, sudah sepantasnya Pemerintah, terutama  Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Pemerintah Aceh agar tidak menutup mata terkait persoalan tumpahan batu bara di sepanjang pantai Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, yang saat ini kembali terjadi.

Baca juga: Wulan Guritno minta kasus Rahman yang mati dan hilang gadingnya diusut tuntas
 

Permintaan agar segera melakukan investigasi pencemaran yang terjadi akibat tumpahan batu bara di perairan Desa Peunaga Rayeuk secara serius sudah seharusnya dilakukan, dan hasilnya disampaikan ke publik.

“Kalau hal ini (investigasi) tidak dilakukan juga, sebenarnya ada apa antara pihak Pemerintah dengan pelaku pencemaran batubara,” katanya menambahkan.

Menurutnya, apabila pemerintah di daerah tidak melakukan upaya investigasi, maka hal tersebut patut dipertanyakan. 

“Jangan ada kesan Pemerintah setempat bermain mata dengan selalu serta melindungi penjahat lingkungan, ini patut diwaspadai, kalau ini terjadi aparatur penegak hukum harus segera menyelidiki,” katanya lagi.

 
Warga mengumpulkan material batu bara yang kembali tumpah di pesisir pantai di kawasan Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (11/1/2024). (ANTARA/HO)


TM Zulkifkar mengatakan kasus berulangnya tumpahan batu bara di pesisir pantai di Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat bukan perkara main-main.

Akan tetapi hal itu menyangkut kehidupan warga, kepastian hidup orang banyak untuk mendapatkan hak mereka atas kehidupan yang sehat dan bersih, dan ini dilindungi oleh Undang-Undang. 

Oleh karena itu, kata dia, harus ada upaya serius dari pemerintah daerah, baik kabupaten maupun provinsi untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, akibat tumpahan batu bara di laut khususnya di Kabupaten Aceh Barat yang sudah berulang dan tidak kunjung tuntas.

Baca juga: Rahman, gajah jinak TN Tesso Nilo Riau mati diduga diracun untuk diambil gadingnya
 
Secara lingkungan jelas sekali pencemaran batu bara di laut berdampak besar pada berbagai keanekaragaman hayati yang ada di wilayah tersebut. 

Ia justru mempertanyakan kinerja Pemerintah Kabupaten Aceh Barat khususnya Dinas Lingkungan Hidup, tentang apa yang sudah dilakukan selama ini.

“Kalau memang tidak mampu memberikan jaminan keselamatan lingkungan kepada masyarakat di Aceh Barat, sebaiknya mundur saja dan berikan jabatan itu kepada yang lebih mampu. Dan ini penting untuk dijadikan evaluasi oleh Penjabat Bupati Aceh Barat,” demikian TM Zulfikar.

Baca juga: DLHK: Tumpahan batu bara di laut Aceh Barat tanggung jawab perusahaan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024