Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) daerah sempat berkomitmen untuk mewujudkan mutu pendidikan di Pulo Aceh setara dengan daerah lainnya dalam kabupaten itu.

"Kami ingin mutu pendidikan di Pulo Aceh ini setara dengan daerah lain yang ada di Kabupaten Aceh Besar," kata Kepala Disdikbud Aceh Besar Bahrul Jamil dihubungi di Banda Aceh, Jumat.

Di sela-sela kunjungan Saweu Sikula Kecamatan Pulo Aceh, ia menjelaskan salah satu komitmen mewujudkan mutu pendidikan daerah kepulauan dengan daratan Aceh Besar adalah dengan memaksimalkan tenaga pengajar dari daerah setempat.

“Artinya, guru-guru yang mengajar di Kecamatan Pulau Aceh yakni di Pulau Breuh dan Pulau Nasi merupakan putra-putri asal kecamatan itu, sehingga proses belajar mengajar berjalan maksimal,” katanya.

Menurut dia, Disdikbubd Kabupaten Aceh Besar sedang mendata guru-guru asal Kecamatan Pulo Aceh agar bisa kembali untuk mengabdi membangun daerahnya yakni dengan mengajar di sekolah-sekolah yang dikelola dinas tersebut.

Pemkab Aceh Besar juga siap untuk memfasilitasi dan memberikan kemudahan pindah bagi para guru asal Pulo Aceh yang akan mengajar di kampung halamannya serta mengambil sejumlah kebijakan yang tidak menyalahi ketentuan yang berlaku.

“Pada dasarnya Pemerintah Aceh Besar memberikan perhatian yang sangat serius untuk pendidikan di Pulau Aceh. Kita juga sudah melakukan pertemuan dengan masyarakat dalam menampung berbagai persoalan yang dihadapi selama ini serta mencarikan solusi yang terbaik untuk masa depan generasi di masa mendatang,” katanya.

Kecamatan Pulo Aceh Aceh memiliki 2 pulau yakni Pulau Breuh memiliki dua unit sekolah SMP, SD tujuh unit dan TK satu unit dan Pulau Nasi memiliki satu SMP, tiga SD.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024