Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengerahkan 963 personel satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang.

“Dalam rangka mendukung kelancaran tugas, kami mendorong seluruh anggota satlinmas agar memiliki kepekaan yang kuat terhadap berbagai hal yang terjadi di lapangan,” kata Penjabat Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi dalam Apek Siaga Pemilu 2024 dipusatkan di Kantor Bupati Aceh Barat di Meulaboh, Senin.

Ia mengatakan pelaksanaan apel ini merupakan bagian penting dalam menjamin kesiapan seluruh anggota satlinmas untuk melaksanakan tugas pengamanan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) nantinya.

Ia menjelaskan apel tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas, disiplin, dan semangat pelayanan satlinmas di Kabupaten Aceh Barat.

Mahdi mengatakan apel siaga ini menjadi wujud nyata kebersamaan dan komitmen untuk menjaga keamanan, ketertiban, serta memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat dalam lingkup kewenangan di desa.

Hal ini juga sejalan dengan amanat Pasal 27 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta linmas.

Dalam rangka mendukung kelancaran tugas, Mahdi mendorong seluruh anggota satlinmas  agar memiliki kepekaan yang kuat terhadap berbagai hal yang terjadi di lapangan. 

Anggota satlinmas diminta untuk melaporkan setiap kegiatan maupun situasi dan kondisi yang terjadi, sehingga diharapkan semua kegiatan dan situasi terkini dapat berjalan aman dan terkendali, demikian Mahdi.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024