Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyatakan saat ini terus meningkatkan penguatan untuk kegiatan provinsi tersebut yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

“Penguatan yang kita lakukan ini merupakan bagian untuk melakukan evaluasi dan juga meningkatkan pelaksanaannya sehingga kehadiran kegiatan ini berdampak pada semua sektor ekonomi,” kata Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan Aceh yang masuk dalam KEN yakni Ramadhan Festival, Sabang Marient Festival, Aceh Perkusi dan memantapkan pendukung untuk penyelenggaraan PON ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara.

Baca juga: Pemkab Aceh Timur fokus pengembangan objek wisata air terjun

Menurut dia beragam kegiatan yang akan dihadirkan sepanjang tahun 2024 akan menjadi sebuah upaya yang dilakukan Disbudpar Aceh untuk menarik para pelancong dari berbagai belahan dunia untuk liburan ke Tanah Rencong.

“Aceh memiliki panorama alam yang indah, wisata bahari yang luar biasa dan pemandangan bawah laut yang sangat eksotis untuk dinikmati oleh pecinta snorkeling,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan KEN tersebut akan diluncurkan pada akhir Januari oleh Menparekraf di Jakarta sekaligus akan ikut menampilkan pra kegiatan Perkusi pada acara peluncuran ivent itu.

“Kita juga akan berkolaborasi dengan negara-negara IMT-GT, India dan negara-negara asia lainnya sehingga kegiatan KEN 2024 ini akan lebih meriah. Beragam atraksi yang ditampilkan juga bagian memberikan hiburan kepada atlet, official dan tamu yang berkunjung saat PON 2024 ke Aceh,” katanya.

Pihaknya optimistis lewat beragam atraksi budaya dan wisata yang dihadirkan sepanjang tahun 2024 akan menjadi pemantik bagi wisata untuk datang dan berkunjung ke provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Baca juga: Pulau Rubiah Sabang kini telah teraliri air bersih

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024