Kutacane (ANTARA Aceh) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Sumatera Bagian Utara menyerahkan bantuan bagi korban longsor dan banjir bandang di Kabupaten Aceh Tengggara, Provinsi Aceh.

"Pascabencana banjir kemarin, kami menyalurkan bantuan seperti sembako (sembilan bahan kebutuhan pokok), alat-alat mandi, dan lain-lain," ucap Sales Representative PT Pertamina Wilayah Aceh Anditya Anwar di Kutacane, Senin.

Dia mengatakan bantuan yang diserahkan, yakni beras 100 goni masing-masing ukuran 30 kilogram, gula pasir 300 kilogram, susu 240 kaleng, dan sabun mandi 10 kardus.

Selain itu, danging ikan dalam kemasan 120 kaleng, air mineral 240 botol, minyak goreng 200 paket, dan pembalut wanita.   
    
Bantuan tersebut diserahkan pihaknya ke Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, setelah sebelumnya diserahkan secara langsung kepada pengungsi yang bertahan pada salah satu rumah ibadah di Lawe Sigala Gala.

"Kita berharap bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah di Aceh Tengggara ini," katanya.

Ia berujar bantuan yang diserahkan lewat BPBD setempat dapat segera disalurkan kepada korban longsor dan banjir bandang karena mereka masih menumpang di rumah keluarganya.

Berdasarkan data yang dilaporkan ke Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (15/4), terdapat 14 desa di dua kecamatan menjadi korban longsor dan banjir bandang di Aceh Tenggara, Selasa (11/4).

Bencana tersebut juga mengakibatkan 178 rumah hanyut, 303 rumah rusak, serta lebih dari 3.000 jiwa menjadi korban.

"Kan tidak semua korban berada di tenda pengungsian. Tetapi mereka berada di rumah keluarga atau sanak famili di daerah ini," kata Anditya.

Tua Boru Simarmata (57), korban longsor dan banjir bandang di Desa Batu Dua Ratus, Kecamatan Lawe Sigala Gala, mengaku bersyukur di tengah musibah yang menimpa dirinya dan keluarganya, ada pihak yang mengulurkan bantuan kemanusiaan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak dari Pertamina. Mudah-mudahan Tuhan membalasnya," kata dia.

Wilayah Aceh Tenggara memiliki 16 kecamatan dengan 385 desa, dan 282 desa di antaranya berada di lembah serta 103 desa terletak di lereng pegunungan.

Kabupaten itu terletak di bagian tengah dari Provinsi Aceh yang dikelilingi pegunungan, seperti Taman Nasional Gunung Leuser dan Bukit Barisan. 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017