Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyatakan akan menjadikan tiga event daerah asal provinsi itu yang masuk Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 sebagai pemantik ekonomi di provinsi setempat.
 
“Kita akan terus memaksimalkan pengelolaan event yang masuk KEN 2024 khususnya dan event lainnya yang masuk dalam kalender kegiatan wisata dan budaya atau Khazanah Piasan Aceh tahun ini sebagai penarik wisatawan berkunjung ke provinsi ini,” kata Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal di Banda Aceh, Minggu.
 
Pernyataan itu disampaikan terkait masuknya tiga event Aceh yakni Aceh Ramadhan Festival, Aceh Perkusi dan Sabang Marient Festival dalam 110 KEN 2024 yang diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Taman Mini Indonesia Indah.
 
Ia menjelaskan masuknya tiga event Aceh dalam KEN 2024 tersebut juga tidak terlepas dari komitmen Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh untuk menghadirkan atraksi yang berkelanjutan.
 
“Kita juga terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar event yang kita gelar semakin lebih baik, sehingga akan banyak event asal Aceh masuk unggulan nusantara,” katanya.
 
Menurut dia masuknya event daerah ke dalam KEN memberikan dampak besar karena ikut mendapat dukungan promosi dari Kemenparekraf terhadap event-event yang akan berlangsung sepanjang tahun 2024 sebanyak 110 event di Nusantara.
 
“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung menyukseskan beragam agenda wisata di Aceh terutama tiga agenda Aceh yang masuk dalam KEN 2024 sehingga kegiatan ini memberikan dampak pada semua sektor ekonomi,” katanya.
 
Pihaknya menyakini dengan atraksi budaya yang digelar sepanjang tahun akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menghidupkan para pelaku UMKM di Tanah Rencong.

Baca juga: Kemenparekraf ajak pemda kelola event secara berkelanjutan

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024