Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan memastikan kesiapan prajurit TNI untuk membantu pengamanan Pemilu 2024 di Aceh, melalui apel kesiapan pasukan dan kelengkapan dalam pengamanan di Lapangan Sudirman Korem Lilawangsa.

“Apel pasukan pengamanan Pemilu ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dan kelengkapan personel TNI dan materil yang akan digunakan nantinya," kata Kapti di Kota Lhokseumawe, Jumat.

Ia menjelaskan Pemilu2024 sangat penting bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, termasuk di Aceh, sehingga sangat diharapkan dapat berlangsung aman.

"Karena pada saat (Pemilu, red) inilah seluruh rakyat Indonesia akan memilih presiden, wakil presiden dan wakil-wakil rakyat untuk memimpin memajukan negeri ini," katanya.

Ia menilai, Pemilu bukan hanya sekedar edukasi demokrasi, tetapi juga merupakan sarana integrasi bangsa yang harus dikawal penyelenggaraan sebagai perekat persatuan.

Kata dia, masyarakat harus tahu bahwa tugas tanggung jawab dalam pengamanan pelaksanaan pemilihan umum itu bukan hanya TNI dan Polri, tetapi seluruh rakyat Indonesia.

"Termasuk masyarakat di Provinsi Aceh, bisa menjadi contoh bersama sama menyukseskan Pemilu dengan damai,” katanya.

Di sisi, dia menambahkan, sesuai dengan undang-undang nomor 34 tahun 2004, prajurit TNI harus netral dan tidak boleh memihak maupun mendukung peserta pemilu. Implementasi netralitas TNI dalam pemilu nyata.

“Apabila ada prajurit TNI kita yang melanggar pastinya akan ada punishment berat sesuai aturan yang berlaku, seperti arahan Pangdam Iskandar Muda, TNI tetap netral dalam pemilu tetapi apabila ada prajurit kita yang tidak netral maka akan diproses hukum dan ditindak tegas,” ujarnya.

Salah satunya, lanjut dia, akan dikenakan dengan pasal 103 KUHPM yaitu melanggar aturan kedinasan dengan sanksi hukuman kurungan 2,4 tahun dan akan diproses di Pengadilan Militer.

Turut hadir, Danrem 011/Lilawangsa, Danlanal Lhokseumawe, Kasrem 011/LW, Dansatradar 231 Lhokseumawe, Dandim 0103/Aceh Utara, Dandenpom IM/I Lhokseumawe yang melakukan pemeriksaan kesiapan personel dan materil dalam pengamanan Pemilu 2024.

Serta diikuti Danki Kopasgat Aceh Utara dan para Kasi dan Pasi Korem 011/LW, Komandan Satuan Dinas Jawatan dan Perwira Staf Korem 011/Lilawangsa.

Baca juga: Danrem Lilawangsa ingatkan netralitas TNI dan wujudkan Pemilu Damai di Aceh

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024