Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan bertekad memperbanyak murid atau generasi muda di Indonesia, khususnya dari Aceh untuk melanjutkan studi ke negara tersebut.

"Salah satu prioritas utama saya adalah mempromosikan pertukaran pelajar antara Indonesia dan Amerika Serikat. Saya ingin meningkatkan jumlah murid Indonesia yang pergi ke AS untuk belajar," katanya di UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela mengunjungi pusat konsultasi Education USA di Aceh yang berada di UIN Ar-Raniry, Darussalam Banda Aceh. Pusat konsultasi pendidikan tersebut merupakan salah satu dari dua pusat yang ada di pulau Sumatera.

Ia menjelaskan Education USA mempromosikan kemitraan yang strategis antara AS dan Indonesia melalui pendidikan dan tidak ada cara yang lebih baik untuk saling memahami satu sama lain dengan saling berbagi pengalaman belajar di kelas.     
    
Ia mengatakan Amerika Serikat dan Indonesia bekerja sama untuk memperluas jumlah siswa Amerika yang belajar di Indonesia, di mana saat ini ada sekitar 500 orang Amerika yang belajar di Indonesia dan bekerja untuk membantu lebih banyak siswa Indonesia yang ingin belajar di Amerika Serikat.

Joseph R Donovan menyebutkan saat ini ada sekitar 9.000 orang Indonesia sedang belajar di AS dan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan jumlah tersebut pada tahun berikutnya.

Ia menambahkan bagi siswa yang akan belajar ke AS tidak perlu khawatir terkait visa ke negeri Paman Syam tersebut, sebab sudah lebih 96 persen orang Indonesia  mendaftar untuk dua sampai empat tahun program pendidikan tinggi di AS telah mendapat visa pelajar dalam waktu satu minggu setelah wawancara.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017