Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh mengerahkan 1.245 personel untuk pengamanan Pekan Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) yang berlangsung 6 hingga 11 Mei 2017.

"Penas KTNA ini merupakan kegiatan berskala nasional. Jadi pengamanan juga harus maksimal. Karena itu, kami mengerahkan 1.245 personel untuk pengamanannya," kata Kepala Polresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin di Banda Aceh, Kamis.

Penas KTNA 2017 tersebut dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Kegiatan tersebut dihadiri puluhan ribu kelompok tani dan nelayan dari seluruh Indonesia.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Aceh itu menyebutkan, anggaran personel untuk pengamanan hanya untuk 200 orang. Namun, pihaknya menambah personel menjadi 1.245 orang di luar yang dianggarkan agar pengamanan lebih maksimal.

"Penambahan personel ini agar pelaksanaan Penas KTNA berjalan aman dan sukses. Apalagi rencananya kegiatan ini dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo," kata Kombes Pol T Saladin.

Perwira menengah Polri itu menambahkan, personel yang dilibatkan untuk pengamanan Penas KTNA akan ditempatkan di beberapa titik. Selain itu, sasaran pengamanan, mulai tamu VVIP, kepala daerah, maupun tamu undangan lainnya yang menghadiri kegiatan tersebut.

"Pengamanan juga meliputi peserta yang diinapkan di puluhan gampong atau desa di Banda Aceh. Pengamanan ini untuk memastikan agar peserta aman dari tindakan kriminal maupun gangguan lainnya," kata dia.

Oleh karena itu, Kapolresta Banda Aceh ini mengajak masyarakat di ibu kota Provinsi Aceh tersebut menyambut dengan keramahan tamu-tamu yang akan menghadiri Penas KTNA yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Mari tunjukkan ramah-tamah dan sopan santun seperti yang sering diungkapkan bahwa 'peumulia jamee adat geutanyo' atau memuliakan tamu adat kita bersama," kata Kombes Pol T Saladin.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017