Pj Wali Kota Lhokseumawe A Hanan menyatakan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di daerah itu berjalan lancar dan aman terkendali, sehingga diharapkan kondisi ini terus bertahan hingga selesai penetapan hasil pemilu.

”Alhamdulillah dari hasil kunjungan kita ke semua TPS, pemilihan berjalan lancar dan tidak ada kendala suatu apapun di lapangan,” kata A Hanan di Lhokseumawe, Rabu.

Hanan bersama Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto dan Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Kav Makhyar serta unsur Forkopimda lainnya memantau langsung pelaksanaan pemilu ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ia meninjau sejumlah TPS di Kecamatan Blang Mangat, Kecamatan Muara Dua, Kecamatan Muara Satu dan Kecamatan Banda Sakti.

Pemantauan tersebut dilakukan sebagai langkah proaktif untuk memastikan kelancaran dan keamanan pemilu, serta juga untuk menjamin pelaksanaan demokrasi yang transparan dan adil di tingkat lokal.

Hanan mengatakan dirinya merasa senang dan puas atas kelancaran proses pemungutan suara di seluruh TPS.

Ia memberikan apresiasi khusus kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP), Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih), aparat keamanan, para petugas KPPS, dan seluruh masyarakat yang telah menunjukkan partisipasi dalam pemilu.

”Tanpa partisipasi dan kerjasama dari semua pihak, mustahil pemilu ini dapat berjalan dengan lancar dan aman, ujarnya.

Sebelum melakukan pemantauan, Hanan bersama istri juga memberikan hak suaranya di TPS 001 Lapangan Hiraq Kota Lhokseumawe. 

Ia mendapatkan dua surat suara yakni calon presiden dan wakil presiden serta DPD RI. Sebab dirinya merupakan pemilih dari Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Lhokseumawe juga menyiapkan sebanyak 978 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang bertugas untuk membantu kepolisian dalam mengamankan hari pencoblosan dan perhitungan suara Pemilu 2024.

"Satuan Linmas merupakan mitra strategis yang memiliki tugas pokok dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan pada saat penyelenggaraan pemilu," kata Hanan.

Baca juga: Pemkot Lhokseumawe salurkan donasi Rp300 juta bagi rakyat Palestina

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024