Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menyebutkan peristiwa kerusakan terhadap kotak suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 002 Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, tidak mempengaruhi pemungutan suara di daerah itu.

“Alhamdulillah, proses pemungutan suara tetap berjalan seperti biasanya,” kata Ketua PPK Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Subhan kepada ANTARA, Rabu.

Subhan mengatakan peristiwa terjadinya kerusakan kotak suara tersebut terjadi ketika petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, mengeluarkan surat suara dan logistik Pemilu lalu kemudian secara tidak sengaja logistik tersebut mengenai bagian kaca dan kemudian pecah.

Ia menyebutkan seluruh surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024 yang ada di dalam kotak suara tersebut, dipastikan dalam kondisi aman dan belum tercoblos.

“Surat suaranya aman, masih bisa digunakan oleh masyarakat untuk mencoblos,” kata Subhan menambahkan.

Ia menyebutkan peristiwa tersebut terjadi secara tidak sengaja yang dilakukan oleh petugas KPPS 002 Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh. 

Subhan menyebutkan hingga Rabu siang upaya pemberian hak suara masyarakat dalam Pemilu 2024 berjalan lancar tanpa ada kendala.

Seluruh panitia pemungutan suara di daerah tersebut tetap menjalankan tugas seperti biasanya.

Sebelumnya, Sekretaris KIP Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Agus Mudaksir menjelaskan saat proses distribusi dari KIP Nagan Raya ke kecamatan, kotak suara tersebut dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan.

Baca juga: Kotak suara di Nagan Raya ditemukan rusak

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024