Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh, berhasil meraih penghargaan terbaik ketiga capaian skor Pola Pangan Harapan (PPH) Kabupaten/Kota Tahun 2023 dari Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA).

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak,” kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Azman dalam keterangan tertulis diterima di Meulaboh, Sabtu.

Ia menyebutkan, penghargaan tersebut diserahkan oleh Deputi III Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA, Dr. Andriko Noto Susanto, SP, MP  kepada Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas yang diwakili Kadis DKPP, Azman di sebuah hotel di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Azman mengatakan penghargaan tersebut dan akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Nagan Raya.

Seperti diketahui, Pola Pangan Harapan (PPH) atau Desirable Dietary Pattern (DDP) adalah susunan keragaman pangan yang didasarkan pada sumbangan energi dari kelompok pangan utama pada tingkat ketersediaan maupun konsumsi pangan.

Pola Pangan Harapan PPH merupakan instrumen sederhana untuk menilai situasi konsumsi pangan penduduk, baik jumlah maupun komposisi pangan menurut jenis pangan yang dinyatakan dalam skor PPH. 

Semakin tinggi skor PPH, konsumsi pangan semakin beragam dan bergizi seimbang.

Azman mengatakan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya berkomitmen untuk terus meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat melalui pengembangan pola pangan harapan.

Deputi III Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Dr. Andriko Noto Susanto, SP, MP mengatakan pemberian penghargaan tersebut, merupakan bentuk apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam pengembangan penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan selama tahun 2023. 

Untuk tingkat kabupaten/kota, penghargaan diberikan kepada lima Kabupaten/Kota antara lain Kabupaten Sumenep, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Nagan Raya Aceh, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lumajang.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya panen sayur program pangan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024