Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Unit Tranfusi Darah Palang erah Indonesia  Cabang Aceh Utara lebih mengiatkan aksi donor darah untuk persiapan kebutuhan darah selama bulan Ramadhan 1438 Hijriyah.

Kepala Humas UTD PMI Aceh Utara Fauzi Abubakar di Lhokseumawe, Rabu mengatakan, sebelum memasuki bulan suci Ramadhan mulai 27 Mei  2017 terus mengusahakan berbagai kegiatan untuk melakukan aksi donor darah massal.

Karena menurut Fauzi, pada bulan Ramadhan, kegiatan donor darah sangat terbatas dan berbeda dengan bulan-bulkan sebelumnya.

Pada bulan Ramadhan, kegiatan donor darah sangat terbatas. Jikapun ada kegiatan donor darah, dilakukan pada malam hari. Sedangkan siang hari tidak ada, kecuali apabila darurat dan umumnya dilakukan oleh keluarga pasien untuk kebutuhan tertentu, ujar Fauzi.

Lebih lanjut dikatakan olehnya, sebenarnya kebutuhan darah pada bulan Ramadhan, sama seperti bulan-bulan lainnya. Akan tetapi, mengingat minimnya kegiatan donor darah pada bulan Ramadhan, maka pihaknya memandang penting untuk berupaya agar memiliki stok kebutuhan darah untuk bulan Ramadhan.

Bahkan untuk mencukupi kebutuhan darah pada bulan Ramadhan, rencananya pihak UTD PMI Aceh Utara akan menggelar kegiatan donor darah besar-besaran pada tanggal 18 Mei mendatang di Lapangan Hira Lhokseumawe.

Rencananya nanti, pada 18 Mei mendatang, kami akan menggelar acara donor darah akbar yang dipusatkan di Lapangan Hira' Lhokseumawe, sebagia upaya untuk mencukupi kebutuhan darah pada bulan Ramadhan, jelas Fauzi Abu Bakar.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa kebutuhan darah perbulan untuk wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara serta sekitarnya adalah sebanyak 1.200 kantong. Kebutuhan darah tersebut, dipergunakan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan medis.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017