Komisi Pemilihan Umum / Komisi Independen Pemilihan (KPU/KIP) Kabupaten Aceh Barat memastikan hingga Kamis sore, rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan di 10 kecamatan di daerah tersebut telah selesai.

“Alhamdulillah, dari total 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat. Sebanyak 10 kecamatan sudah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2024,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KIP Kabupaten Aceh Barat Teuku Novian kepada ANTARA di Meulaboh, Kamis. 

Ada pun ke-10 kecamatan yang telah menuntaskan rekapitulasi suara tersebut diantaranya Kecamatan Samatiga, Kecamatan Arongan Lambalek, Kecamatan Woyla Barat, Kecamatan Woyla Timur, Kecamatan Sungai Mas.

Kemudian Woyla, Kecamatan Panton Reue, Kecamatan Pante Ceureumen, Kecamatan Bubon, serta Kecamatan Kaway XVI.

Sedangkan dua kecamatan lainnya yang saat ini sedang terus berlangsung rekapitulasi suara yaitu Kecamatan Meureubo dan Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Teuku Novian menyebutkan, dengan telah tuntas nya rekapitulasi suara di 10 kecamatan tersebut, dipastikan perolehan suara di 399 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 10 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat telah diselesaikan.

“Saat ini hanya menunggu selesainya rekapitulasi suara di dua kecamatan lagi, dengan jumlah total TPS di dua kecamatan ini sebanyak 240 TPS lagi,” kata Teuku Novian menambahkan.

KPU/KIP Kabupaten Aceh Barat memperkirakan seluruh proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di Kabupaten Aceh Barat diprediksi akan tuntas pada tanggal 27 Februari 2024 mendatang.

Ia memastikan tahapan pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, hingga kini masih berlangsung aman, tertib, dan kondusif dengan dukungan penuh pengamanan dari seluruh personel Polres Aceh Barat, Brimob Polda Aceh dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat salurkan bantuan untuk korban kebakaran di Pante Ceureumen

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024