Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Besar menyatakan seluruh kecamatan dalam kabupaten itu telah menuntaskan rekapitulasi Pemilu 2024 dan logistik telah diantar ke Jantho.
 
"Alhamdulillah seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Aceh Besar telah menuntaskan rekapitulasinya dan termasuk satu tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU)," kata Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KIP Kabupaten Aceh Besar Miswar di Jantho, Minggu.
 
Ia menjelaskan seluruh logistik Pemilu 2024 dari 23 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar telah tiba di Jantho.
 
"Insya Allah pleno di tingkat kabupaten akan dilakukan mulai 28 Februari sampai 4 Maret," katanya.
 
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan semua rangkaian Pemilu di level TPS dan Kecamatan dalam wilayah Aceh Besar, berlangsung sesuai ekspektasi dan semuanya dalam kondisi aman dan terkendali.
 
Ia mengatakan suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat di Aceh Besar, tidak terlepas dari kerja keras semua elemen yang terlibat dalam rangkaian proses Pemilu 2024 di Aceh Besar. 
 
Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen, mulai dari TPS hingga jajaran KPPS, atas sukses tahapan yang telah dilakukan,.
 
"Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Forkopimda Aceh Besar termasuk Kapolresta Banda Aceh, yang telah berkontribusi maksimal atas keberhasilan Pemilu 2024 di Aceh Besar," katanya.
 
Kabupaten Aceh Besar memiliki pemilih tetap sebanyak 291.783 orang terdiri dari Laki-laki 143.752 orang dan perempuan sebanyak 148.031 orang yang tersebar di 1.264 Tempat Pemungutan Suara (TPS).
 
Pemilu legislatif di Aceh Besar, selain diikuti 18 partai politik nasional juga ada enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha'at (Gabthat), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Aceh (PA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024