Lembaga Press Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh menggandeng akademisi jurusan ekonomi manajemen kampus setempat untuk meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah melalui kegiatan curah (brainstorming) buku.

“Saya mengharapkan acara ini dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertukaran ide dan pengetahuan antara penerbit USK Press dan para akademisi, serta meningkatkan peran USK Press sebagai lembaga penerbitan berdaya saing," kata Kepala USK Press M Ridha Siregar di Banda Aceh, Sabtu.

Kegiatan tersebut bertujuan agar akademisi memberikan kontribusi lebih besar pada literatur bidang ekonomi dan manajemen serta menyediakan wadah bagi akademisi untuk memahami tantangan, peluang dalam dunia penerbitan.

Sementara itu, Ketua Jurusan Manajemen USK, Dr A Sakir, mendukung upaya peningkatan karya tulis ilmiah baik dalam bentuk buku referensi, buku ilmiah populer, book chapter, maupun jenis tulisan karya ilmiah lainnya yang difasilitasi oleh USK Press.

Menurut dia, peningkatan publikasi ilmiah dapat mendukung indikator kinerja utama jurusan, terutama dalam hal menambah karya yang bisa dihasilkan dari dosen dengan disiplin ilmu manajemen.

“Buku-buku yang dihasilkan juga diharapkan sesuai dengan kebutuhan dunia literasi saat ini dan juga kebutuhan mahasiswa dalam memperoleh referensi," katanya. 

Selaras dengan itu, Guru Besar bidang Ekonomi Islam USK, Prof M Shabri Abd Majid mengatakan, perkembangan dunia manajemen dan bisnis ada banyak isu aktual yang dapat dituangkan dalam bentuk buku referensi dan berkaitan dengan disiplin ilmu di bidang ekonomi.

“Misalnya, isu tourism, ekonomi syariah, continuous changes in business environmental, online atau electronic based business, dan issue-issue ekonomi lainnya baik di tingkat global, regional, maupun lokal," demikian Prof M Shabri Abd Majid.

Baca juga: USK minta lulusan SMA/sederajat pilih prodi sesuai minat
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024