Universitas Syiah Kuala (USK) meminta lulusan SMA/sederajat di provinsi ujung paling barat Indonesia itu untuk memilih program studi (Prodi) sesuai dengan minat masing-masing karena jika lulus tidak bisa masuk melalui jalur penerimaan lainnya.

“Artinya, mereka yang telah dinyatakan lulus, tidak dapat mengikuti jalur penerimaan lainnya, karena yang bersangkutan telah lulus pada seleksi sebelumnya,” kata Ketua Tim Sosialisasi USK Husni Friady dihubungi di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan jika sudah lulus di jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), maka siswa yang bersangkutan tidak dapat lagi mengikuti jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) dan Jalur Mandiri.

Menurut dia dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 terjadi perubahan salah satunya terkait kelulusan siswa, sehingga pihaknya memaksimalkan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di empat kabupaten/kota di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Setiap tahun selalu ada perubahan dalam proses seleksi masuk PTN, sehingga kami bertekad untuk meningkatkan sosialisasi kepada siswa dan sekolah guna memberikan pemahaman dan informasi yang akurat,” katanya.

Adapun empat kabupaten sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di kampus “Jantong Hatee” Rakyat Aceh itu masing-masing Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Ia  menambahkan bagi siswa dari kurang mampu tidak perlu khawatir untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi, karena mereka tetap bisa masuk USK dan akan mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024