Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh melakukan pencermatan hasil rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 yang digelar serentak antara pemilihan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dengan calon legislatif berbagai jenjang.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Yusri Razali di Banda Aceh, Senin, mengatakan pencermatan dilakukan untuk memastikan hasil rekapitulasi penghitungan suara sesuai dengan apa yang telah disepakati bersama antara pengawas pemilu dengan para saksi-saksi partai politik peserta pemilu.

"Kami belum menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 hingga Senin (4/3) dini hari. Sebab, kami harus melakukan terlebih dahulu proses pencermatan atau sinkronisasi apa yang telah disepakati bersama sebelumnya," kata Yusri Razali.

Sebelumnya, KIP Kota Banda Aceh menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024. Rapat pleno dipimpin Ketua KIP Kota Banda Aceh Yusri Razali didampingi empat anggota lembaga penyelenggara pemilu tersebut. 

Rapat pleno yang digelar sejak Sabtu (2/3) diikuti sembilan panitia pemilihan kecamatan (PPK) se Kota Banda Aceh dan para saksi partai politik peserta Pemilu 2024. Rapat pleno tersebut beberapa kali diskors karena adanya dari komplain saksi partai politik.

Komplain tersebut terjadi adanya pergeseran suara dari partai ke calon anggota legislatif (caleg) maupun dari caleg ke caleg dalam satu partai. Akhirnya komplain tersebut bisa diselesaikan setelah data suara disamakan dari data tempat pemungutan suara (TPS).

"Persoalan-persoalan maupun komplain saksi semua sudah diselesaikan. Semua data yang berbeda sebelumnya, sudah disinkronkan. Dan semua saksi peserta pemilu juga sudah menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara. Kini tinggal proses pencermatannya saja," katanya.

Yusri Razali menyebutkan rapat pleno tersebut masih diskors dan dilanjutkan Senin (4/3) siang. Agenda rapat pleno lanjutan nanti adalah membahas kembali pencermatan hasil rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil perolehan suara Pemilu 2024.

Terkait hasil perolehan suara, kami belum mengurutkan peserta pemilu yang memperoleh suara terbanyak. Pengurutan akan dilakukan pada saat rapat pleno lanjutan tersebut. Begitu juga dengan penetapan calon terpilih, akan dilakukan dalam rapat pleno berikut," kata Yusri Razali.

Pemilu 2024 di Kota Banda Aceh dilaksanakan di 618 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 90 gampong atau desa di sembilan kecamatan. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kota Banda Aceh sebanyak 169.610 orang.

Baca juga: Partisipasi pemilih Banda Aceh di Pemilu 2024 capai 81 persen
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024