Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyatakan harga sejumlah kebutuhan pokok dan pangan di pasar Induk Lambaro dan sejumlah pasar di daerah itu masih stabil dan belum ada kenaikan drastis.

“Alhamdulillah pantauan kita di lapangan harga masih tergolong stabil dan tidak terjadi kenaikan secara drastis,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Darul Imarah, Selasa.

Ia menjelaskan untuk memastikan persediaan dan harga kebutuhan pokok tidak naik drastis, Pemkab Aceh Besar melalui instansi terkait memaksimalkan program pangan murah dengan memberikan subsidi terhadap sejumlah kebutuhan.

Adapun kebutuhan yang diberikan subsidi yakni beras premium 5 kg Rp47 ribu, telur ayam ras 1 papan Rp42 ribu, minyak makan isi 2 liter Rp30 ribu, gula pasir 2 kg Rp26 ribu dan cabai merah 1/2 kg Rp33 ribu dan bawang merah 1/2 kg Rp14 ribu.

Ia menjelaskan dalam rangka stabilisasi harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan 1445 Hijriah Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pangan Kabupaten Aceh Besar bekerjasama dengan Perum Bulog Aceh serta Badan Pangan Nasional menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) melaksanakan pasar murah di delapan Lokasi dalam wilayah kabupaten setempat.

Ia menambahkan untuk memastikan harga kebutuhan pokok tetap stabil di pasaran, Pemkab Aceh Besar juga terus memaksimalkan pemantauan harga di pasar-pasar yang ada di dalam kabupaten itu terutama Pasar Induk Lambaro.

Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopdag) Aceh Besar Trizna Dharma menambahkan ada dua kebutuhan pokok yang terjadi kenaikan pada Selasa (5/3) yakni telur ayam ras dari Rp 27.800 per kilogram menjadi Rp29.400 per kilogram dan minyak makan curah dari Rp13.500 per kilogram menjadi Rp14.400 per kilogram.

Adapun untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti gula pasir Rp18 ribu per kilogram, minyak goreng tepung terigu Rp14 ribu per kilogram, beras medium Rp13.300 per kilogram, premium Rp14 ribu per kilogram dan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) Rp11.500 per kilogram masih stabil.

“Secara umum harga kebutuhan pokok di Aceh Besar masih stabil dan belum ada kenaikan secara drastis. Kita juga akan terus memantau agar kebutuhan pokok tetap stabil menjelang puasa Ramadhan 1445 Hijriah,” katanya.

Baca juga: Ini total persediaan ternak "Meugang" di Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024