Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pertanian daerah setempat menyebutkan total persediaan ternak siap potong untuk memenuhi kebutuhan untuk tradisi “meugang” hari pemotongan hewan puasa Ramadan 1445 Hijriah sebanyak 3.318 ekor.

“Insya Allah persediaan ternak untuk hari pemotongan hewan Ramadan tersebut cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat di Aceh Besar khususnya dan untuk Banda Aceh serta Sabang,” kata Kepala Bidang  Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Aceh Besar Uzir di Lambaro, Selasa.

Ia menjelaskan tiga ribuan ternak persediaan hari pemotongan hewan yang akan berlangsung pada 9 sampai 10 Maret tersebut terdiri dari sapi jantan 2.623 ekor dan kerbau jantan 695 ekor.

Ia mengatakan persediaan ternak yang akan dipotong pada hari pemotongan hewan Ramadan 1445 Hijriah tersebut tersebar di 23 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar dengan daerah produsen ternak terbanyak berada di Kecamatan Suka Makmur.

Pihaknya juga akan memastikan seluruh hewan yang dipotong pada hari pemotongan hewan tersebut bebas dari penyakit dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Tim Kesehatan yang tersebar di 12 pos kesehatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar juga akan memantau dan memeriksa langsung terhadap ternak yang akan dipotong nantinya,” katanya.

Ia menambahkan untuk estimasi harga jual daging pada hari pemotongan hewan di Kabupaten Aceh Besar berkisar dari Rp160 ribu per kilogram sampai Rp180 ribu per kilogram.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya sebut stok ternak untuk tradisi meugang capai 1.661 ekor

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024