Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Aceh telah melakukan pemeriksaan fisik terhadap ratusan kendaraan dinas yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di Blangpidie pada Selasa. 

Adapun pemeriksaan yang berlangsung di halaman gedung BPK Abdya ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian nomor mesin, dan nomor kerangka dengan dokumen kendaraan masing-masing. 

Kepala Bidang Aset BPKK Abdya Mulya Alfan mengatakan pengumpulan kendaraan plat merah baik roda dua maupun roda empat sudah berlangsung sejak kemarin dan merupakan permintaan dari BPK Perwakilan Aceh. 

"Semua kendaraan bermotor dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten di lingkungan Pemkab Abdya termasuk dari Puskesmas yang dilakukan pemeriksaan fisik secara serentak selama dua hari dan hari ini terakhir," katanya.

Kata dia, cek fisik ini dilakukan bertujuan untuk memverifikasi kondisi dan legalitas kendaraan pemerintah, serta memberikan kesempatan kepada pengguna aset untuk menunjukkan tanggung jawab mereka terhadap barang milik negara. 

Mulya Alfan menekankan pentingnya kehadiran aset di kantor BPKK untuk pemeriksaan, dan meminta mereka yang tidak dapat membawa kendaraan untuk menyertakan alasan yang valid. 

Sebab pihak BPKK dan tim BPK siap melakukan inspeksi lapangan untuk memastikan kepatuhan terhadap semua prosedur, termasuk penanganan kendaraan milik pemerintah yang hilang.

"Langkah ini diharapkan dapat memperkuat integritas pengelolaan aset dan mendukung upaya pemerintah daerah dalam menciptakan tata kelola yang baik dan bertanggung jawab," katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024