Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Perwakilan Aceh menyatakan siap untuk menggunakan pesawat berbadan besar untuk melayani arus mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Insya Allah kita siap untuk menggunakan pesawat berbadan besar jika jumlah penumpang yang berangkat meningkat drastis dalam menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah,” kata General Manajer Garuda Indonesia Perwakilan Aceh Nano Setiawan di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan untuk saat ini pihaknya masih tetap menggunakan pesawat berbadan kecil yakni Jenis Boeing 737 - 800 NG dengan kapasitas total 162 tempat duduk untuk melayani penerbangan Banda Aceh-Jakarta dan sebaliknya termasuk untuk fase mudik.

“Artinya, apabila daftar cadangannya banyak, kita akan tukar pesawat berbadan besar untuk mengangkut penumpang pada musim mudik lebaran Idul Fitri di Provinsi Aceh,” katanya.

Ia mengatakan saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan dua kali per hari di Tanah Rencong dengan rute Jakarta-Banda Aceh dan sebaliknya masih terakomodir dengan menggunakan pesawat narrow body ( berbadan kecil ).

“Pemesanan penumpang di maskapai tersebut rata-rata tiga hari sampai 1 minggu sebelum berangkat dan untuk pergerakan mudik akan terjadi pada H-7 sebelum lebaran,” katanya.

Ia menambahkan untuk menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 2024 masih menerapkan seperti tahun sebelumnya dan akan melakukan penyesuaian jenis pesawat apabila terjadi lonjakan penumpang yang menggunakan jasa maskapai tersebut.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024