Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar menyatakan saat ini sedang merampungkan data penerima manfaat program santunan Ramadhan bagi keluarga miskin di kabupaten itu sebanyak 1.208 orang.

“Insya Allah santunan Ramadhan ini akan segera kita salurkan kepada keluarga manfaat sehingga dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan dan meringankan beban masyarakat miskin di bulan Ramadhan,” kata Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Besar Heru Saputra di Aceh Besar, Rabu.

Ia menjelaskan bantuan santunan Ramadhan sebanyak 1.208 penerima manfaat tersebut akan disalurkan kepada seluruh gampong di kabupaten itu dengan dengan penerima masing-masing dua orang di setiap gampong/desa.

Ia mengatakan  pihaknya telah meminta data dari kepala desa/keuchik untuk mengirimkan dua nama sebagai penerima manfaat program bantuan Ramadhan 1445 Hijriah.

“Kita utamakan petugas kebersihan meunasah atau bilal dan janda atau keluarga yang memiliki banyak tanggungan,” katanya.

Menurut dia para penerima manfaat akan memperoleh santunan dari Baitul Mal Aceh Besar sebesar Rp1 juta per keluarga penerima manfaat.

Pihaknya berharap dengan bantuan yang disalurkan nantinya dapat meringankan beban bagi keluarga kurang mampu yang ada dalam Kabupaten Aceh Besar.

“Santunan yang kita salurkan pada bulan Ramadhan untuk keluarga miskin ini bersumber dari dana zakat yang kita kumpulkan tahun 2023,” katanya.

Heru juga menyampaikan terima kasih kepada muzakki yang telah mempercayakan Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar untuk menyalurkan zakatnya semoga jumlah penyalur zakat di lembaga itu lebih banyak sehingga jumlah penerima manfaat dapat ditingkatkan di masa mendatang.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024