Lhoksukon (ANTARA Aceh) - Keluarga narapidana (napi) dan tahanan yang menjenguk sanak saudara mereka yang ada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, meningkat menjelang bulan Suci Ramadhan.

Kepala Rutan Cabang Lhoksukon, Effendi kepada wartawan di Lhoksukon, Senin mengatakan, keluarga napi dan tahanan yang berkunjung ke Rutan setempat dalam beberapa hari ini mengalami peningkatan hingga 100 persen.

"Kalau hari biasa ada 200 hingga 300 orang, tetapi menjelang Ramadan ini jumlah pengunjung meningkat, bahkan hampir dua kali lipat dari hari biasanya. Apalagi pada hari meugang nantinya," kata Effendi.

Dijelaskan, alasan kunjungan tersebut bermacam-macam keperluan, ada yang datang hanya sekadar menjenguk untuk membawa makanan, ada juga untuk memberikan nasihat baik jelang bulan suci Ramadan kepada keluarga meraka yang menjadi warga binaan di rutan setempat.

Disebutkan, para keluarga ketika berkunjung ke Rutan biasanya tidak datang sendirian, tetapi mereka datang antara 3 orang hingga 7 orang.

Ia menyatakan, pihaknya tetap mempersilahkan untuk menjenguk keluarganya yang ada di Rutan, selama masih dalam prosedur yang diperbolehkan aturan.

Jadwal kunjungan ini diberlakukan dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, setiap hari kerja.

"Kepada setiap tamu yang datang, harus menjalani pemeriksaan petugas piket, seperti memeriksa barang bawaan. Di lain sisi, kita mengimbau bagi keluarga yang berkunjung untuk tidak membawa narkoba, senjata tajam dan handphone di areal yang telah ditentukan," harapnya.

Disebutkan, hingga hari ini penghuni Rutan Cabang Lhoksukon berjumlah 343 napi dan tahanan. Sementara Rutan tersebut idealnya menampung 70 orang dan maksimum 100 penghuni.

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017