Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Rektor I Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh Dr Muhibbutthabry menyatakan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah menjadi salah satu pilihan favorit lulusan SMA/sederajat yang masuk ke perguruan tinggi tersebut.

"Salah satu jurusan yang paling banyak peminat di UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh adalah jurusan Hukum Ekonomi Syariah," katanya di sela-sela meninjau pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di Komplek UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Ia mengatakan, jurusan favorit selanjutnya yang paling digandrungi lulusan SMA/sederajat asal provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu ditempati jurusan perbankan syariah dan disusul pendidikan bahasa Inggris.

Menurut dia, UIN Ar-Raniry berada pada peringkat enam dengan jumlah peminat 9.459, sementara pada peringkat satu dengan jumlah peminat terbanyak adalah UIN Alauddin Makassar, yakni mencapai 11.612 peminat, disusul UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 10.637 peminat dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 10.397 peminat.

Sebelumnya, Kepala Akademik UIN Ar-Raniry Fadhli mengatakan, UIN Ar-Raniry juga memiliki peringkat terbaik secara nasional, yakni peminat memilih pada program studi terbanyak se-Indonesia adalah Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) UIN Ar-Raniry Banda Aceh mencapai 1.212 calon mahasiswa, disusul Prodi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya sebanyak 1.040 calon mahasiswa.

Fadhli mengatakan, untuk peserta UM-PTKIN yang memilih lokasi tes atau ujian di kampus UIN ar-Raniry sebanyak 3.559 orang yang terdiri dari 3.499 orang mengikuti ujian tulis (paper based test) dan 60 orang mengikuti ujian dengan computer atau¿computer based test (CBT).

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017