Otoritas pengelola Bandara internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar Angkasa Pura II memastikan alat pemindahan barang atau conveyor belt keberangkatan dan kedatangan berfungsi dengan  baik sehingga waktu tunggu tidak lama dalam rangka menyambut arus balik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kita juga memastikan seluruh fasilitas check in counter dan mesin self check in berfungsi dengan baik sehingga antrian di check in counter terurai dan tidak terjadi kepadatan,” kata Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SIM Darmadi di Aceh Besar, Minggu.

Ia menjelaskan untuk untuk mendukung kelancaran arus balik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, pihaknya juga menyiagakan personel, khususnya di area rawan terjadi penumpukan dan antrian

“Pada intinya, kita terus memastikan seluruh fasilitas berfungsi dengan baik dan personel siaga untuk kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jas Bandara,” katanya.

Ia mengatakan hingga saat ini peningkatan arus balik belum terlihat signifikan di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di mana jumlah pergerakan penumpang pada Sabtu (13/4) 2.001 penumpang yang diangkut dengan menggunakan 20 pesawat.

Adapun puncak mudik lebaran Idul Fitri 2024 di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang terjadi pada 6 April atau H-4 sebanyak 2.754 penumpang.

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar memiliki dimensi landas pacu 3000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat.

Adapun untuk kapasitas terminal lebih kurang 1,5 juta penumpang per tahun dan lebih kurang 4 ribu penumpang per hari.

Baca juga: Tiga masalah kesehatan yang paling sering dialami pemudik

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024