Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyatakan indikator atau target kinerja program perangkat daerah harus dipertajam dalam menyusun Program Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Aceh Besar Tahun 2025.

“Target kinerja tersebut harus sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, sehingga berbagai program yang dicanangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terlaksana dengan maksimal,” kata Muhammad Iswanto di Jantho, Kamis.

Ia menjelaskan dalam pengusulan RKPD tersebut juga harus menyelaraskan usulan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan perangkat Kecamatan dan menyesuaikan pendanaan program daerah serta kegiatan identitas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

Menurut dia program-program yang sudah disepakati pada Musrenbang kecamatan untuk diskusikan dan rampungkan serta kita matangkan dalam forum tersebut dan nantinya dituangkan pada Musrenbang Kabupaten bersama dengan DPRK.

"Kita harus mampu menyusun program-program yang berdampak nyata, efektif, dan efisien dalam penggunaan sumber daya yang tersedia. Mari kita jalin kerja sama yang erat, saling mendukung, dan mengedepankan kepentingan bersama dalam setiap langkah yang kita ambil," katanya.

Ia menambahkan RKPD yang akan disusun tersebut tidak hanya mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat saat ini, tetapi juga memperhitungkan tantangan dan peluang di masa mendatang.

Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati mengatakan kegiatan tersebut bertujuan  menyepakati hasil Musrenbang Kecamatan yang akan dijadikan prioritas Musrenbang Kabupaten atau kedinasan.

"Forum ini gelar untuk memaksimalkan usulan masyarakat dan menyamakan persepsi atau persamaan yang telah dibahas pada Musrenbang Kecamatan," katanya.

Baca juga: Pasokan terbatas harga bawang merah di Aceh Besar naik 20 persen

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024