Harga bawang merah di Pasar Induk Lambaro, Kabupaten Aceh Besar, Rp60 ribu per kilogram atau naik 20 persen dari sebelumnya Rp50 ribu menyusul terbatasnya pasokan di pasaran.
 
“Terbatasnya pasokan bawang merah dari daerah penghasil di pasar mengakibatkan harga komoditas tersebut mengalami kenaikan, usai Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah,” kata Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopdag) Aceh Besar Trizna Dharma di Lambaro, Selasa.
 
Ia menjelaskan persediaan komoditas tersebut akan kembali normal di pasaran pascalibur lebaran dan harga kebutuhan tersebut akan kembali stabil menyusul persediaan mencukupi sesuai permintaan pasar.
 
Selain bawang merah, harga bawang putih naik 7,5 persen yakni dari Rp40 ribu menjadi Rp43 ribu per kilogram akibat pasokan berkurang di pasaran.
 
Sementara bahan pangan yang mengalami penurunan yakni cabai merah yakni dari Rp55 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu per kilogram menyusul banyaknya pasokan di pasaran.
 
Kemudian disusul cabai rawit, daging ayam ras, daging ayam kampung dan daging sapi pada hari Meugang (hari pemotongan hewan) mencapai Rp170 ribu per kilogram menjadi Rp140 ribu per kilogram.
 
Pihaknya terus melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar Induk Lambaro Kabupaten Aceh Besar guna memastikan persediaan dan harga bahan pangan stabil dan tidak terjadi lonjakan harga signifikan.
 
Menurut dia salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk antisipasi kenaikan harga di pasaran adalah memaksimalkan pemantauan harga serta melaksanakan pasar murah.
 
“Pemantauan ini sangat penting dilakukan secara rutin, karena dengan adanya pantauan ini dapat dilakukan langkah dengan cepat untuk antisipasi jika terjadi lonjakan harga di pasaran,” katanya.
 
Adapun harga kebutuhan pokok di pasaran yakni gula pasir curah Rp18 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp14.400 per kilogram, tepung terigu Rp14 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp26.700 per kilogram, beras medium Rp13.300 per kilogram, premium Rp14 ribu per kilogram dan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) Rp11.500 per kilogram.

 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024