Asosiasi Provinsi PSSI Aceh mulai menggelar pemusatan latihan daerah (Pelatda) atlet cabang olahraga sepak bola untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang digelar September 2024.

Sekretaris Umum Asosiasi Provinsi PSSI Aceh Nazaruddin di Banda Aceh, Jumat, mengatakan pelatda dipusatkan di Stadion Kuta Asan, Sigli, Kabupaten Pidie. Pemusatan latihan dilaksanakan hingga perhelatan PON dimulai.

"Pemusatan latihan ini di bawah arahan KONI Aceh. Pelatda untuk mempersiapkan atlet yang akan tampil di PON XXI, di mana Aceh bersama Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama. Khusus cabang olahraga sepak bola, Aceh menjadi tuan rumah," katanya.

Nazaruddin mengatakan pemusatan latihan diikuti 24 atlet. Ke-24 atlet tersebut merupakan hasil seleksi akhir. Sebelumnya, Asosiasi Provinsi PSSI Aceh menjaring 40 atlet dari 23 kabupaten kota serta kompetisi Liga 3 Regional Aceh.

Pelatda cabang olahraga sepak bola tersebut melibatkan sejumlah pelatih di antaranya Muchlis Rasyid, Safrizani, serta pelatih kiper Sukirmanto. PSSI Aceh juga akan mendatangkan pelatih dengan label nasional untuk menangani atlet PON tersebut.

"Selain pelatda, kami juga mengagendakan sejumlah pertandingan uji coba, baik dengan tim di Aceh maupun luar daerah guna melihat kemampuan dan pengalaman bertanding atlet," kata Nazaruddin.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Aceh Nazir Adam mengatakan pihak diberi target meraih medali emas PON 2024. Target juara tersebut karena Aceh menjadi tuan rumah cabang olahraga sepak bola.

"Untuk PON 2024 ini, target yang dibebankan adalah juara atau meraih medali emas. Pada PON sebelumnya di Provinsi Papua, tim sepak bola Aceh berhasil meraih medali perak, setelah kalah dari tim Papua di partai puncak," kata Nazir Adam.

Baca juga: Asprov PSSI Aceh umumkan 24 pemain sepak bola PON 2024

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024