Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh menyiapkan sebanyak 803 atlet untuk tampil dan meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang dijadwalkan berlangsung September 2024.

Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi KONI Aceh Bachtiar Hasan di Banda Aceh, Jumat, mengatakan ratusan atlet yang dipersiapkan untuk PON 2024 tersebut sebagian besarnya sudah mengikuti pemusatan latihan.

"Ada sebanyak 803 atlet dari 66 cabang olahraga yang dipersiapkan untuk PON XXI, di mana Aceh dan Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama. PON pada 3 hingga 20 September 2024," kata Bachtiar Hasan.

Menurut Bachtiar Hasan, pemusatan latihan atlet PON tersebut dilakukan secara bertahap karena keterbatasan anggaran Selain bertahap, pemusatan latihan dilakukan dengan sistem sentralisasi dan desentralisasi. 

"Untuk pemusatan latihan sentralisasi diprioritaskan untuk cabang olahraga masuk kategori satu atau yang memiliki potensi meraih medali pada PON," kata Bachtiar Hasan yang juga Ketua Pelatda KONI Aceh 

Bachtiar Hasan menyebutkan cabang olahraga kategori satu sudah melakukan pemusatan latihan sejak Januari 2024. Sedangkan pemusatan latihan secara keseluruhan untuk semua cabang olahraga dilakukan pada Juni 2024.

"Pemusatan latihan atlet tersebut dilaksanakan hingga PON dimulai. Pemusatan latihan tersebut melibatkan 169 pelatih dan 35 mekanik," kata Bachtiar Hasan menyebutkan.

Pemusatan latihan atlet tidak hanya dilakukan di Aceh, menurut Bachtiar Hasan, beberapa cabang olahraga melaksanakan pemusatan latihan di luar daerah karena ketersediaan sarana dan prasarana memadai.

"Beberapa cabang olahraga yang melaksanakan pemusatan latihan di luar Aceh seperti terbang layang, paralayang, boling, dan lainnya. Pemusatan latihan dilakukan di luar daerah karena di Aceh tidak ada peralatan yang mendukung cabang olahraga tersebut," kata Bachtiar Hasan.

Baca juga: KONI: Persiapan venue PON 2024 di Aceh rampung Juli

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024