Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh, menghibahkan anggaran sebesar Rp4,5 miliar kepada Polres Nagan Raya sebagai biaya pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, yang dituangkan dalam naskah perjanjian dana hibah (NPDH).

“Penandatanganan NPHD ini merupakan bukti dukungan Pemkab Nagan Raya terhadap pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2024,” kata Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas di Suka Makmue, Senin.

NPDH tersebut ditandatangani Penjabat (Pj) Bupati Fitriany Farhas bersama Kapolres AKBP Rudi Saeful Hadi, SIK di ruang kerja bupati Nagan Raya, Komplek Perkantoran Suka Makmue, Nagan Raya.

Fitriany Farhas mengatakan penandatanganan NPHD ini mengacu pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 900.1.9.1/435/SJ tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

Menurutnya, surat tersebut yang menjadi dasar pemberian dana hibah pengamanan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2024 kepada Polres Nagan Raya.

Kesepakatan penandatanganan NPHD ini diawali dengan pembahasan antara Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten (TAPK) Nagan Raya dan Kapolres Nagan Raya, sebagaimana telah tertuang dalam berita acara kesepakatan Nomor 8/BA/2024 dan Nomor BA/01/III/2024 tanggal 22 Maret 2024 tentang pendanaan anggaran hibah.

"Semoga Pilkada di Kabupaten Nagan Raya berjalan dengan lancar dan sukses," kata Fitriany mengharapkan.

Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi berterima kasih atas dana hibah pengamanan Pilkada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah diserahkan kepada Polres Nagan Raya.

"Terima kasih atas kepercayaannya, kami akan menggunakan dana hibah ini sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Saeful.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Nagan Raya, Aceh, Indra Herawan mengatakan, dana hibah pengamanan Pilkada kepada Polres Nagan Raya berjumlah Rp 4,5 miliar.

Indra menyebutkan, dalam rangka menyukseskan Pilkada saat ini Pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya telah melakukan tahapan perekrutan PPK dan PPS untuk Pilkada bulan September 2024 mendatang.

"Terima kasih kepada Polres Nagan Raya yang telah bersinergi dengan baik dalam menyukseskan pesta demokrasi di Nagan Raya," kata Indra.

Baca juga: Polres Nagan Raya berlakukan akses buka tutup atasi tumpukan kendaraan di lokasi banjir

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024