PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan  Pelanggan (UP3) Subulussalam menyatakan terus melakukan perbaikan jaringan listrik yang disebabkan hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Aceh Selatan.

“Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan lima tiang listrik tumbang sehingga terjadi gangguan distribusi listrik kepada pelanggan. Tim saat ini terus bekerja di lapangan dan PLN akan mengaliri listrik kembali jika seluruh jaringan sudah dalam kondisi aman dan siap dialiri listrik,” kata Manager UP3 Subulussalam Andhy Prasetiawa dihubungi di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan tindakan cepat untuk pemulihan sistem kelistrikan termasuk pengamanan trafo, pemblokiran, serta perbaikan tiang dan jaringan yang rusak akibat hujan disertai angin kencang dan pohon tumbang sehingga distribusi listrik dapat berjalan normal kembali.

Ia menyebutkan gangguan listrik yang disebabkan faktor cuaca tersebut terdampak sekitar 17.347 pelanggan yang tersebar 11 kecamatan Aceh Selatan yaitu Trumon, Trumon timur, Trumon Tengah, Bakongan, Bakongan Timur, Kota Bahagia, Kluet Selatan, Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Timur, dan Pasie Raja  yang di alami pada 244 unit trafo atau sekitar 17.347 pelanggan.

Baca: PLN gerak cepat atasi gangguan jaringan listrik di Aceh Selatan

“Pemadaman listrik yang dilakukan ini dilakukan untuk keselamatan bersama, terutama saat rumah warga dan jaringan PLN tertimpa pohon. Insya Allah setelah semua dalam kondisi aman distribusi listrik kembali normal,” katanya.

Manajer PLN ULP Kota Fajar Iwan Syahputra PLN siap menjaga kehandalan dan mengamankan sistem kelistrikan, mulai dari tindakan preventif maupun korektif, termasuk kejadian selama cuaca ekstrim yang saat ini terjadi.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat tidak menangani sendiri jaringan listrik PLN yang rusak atau pohon tumbang yang mengenai jaringan listrik karena dapat membayarkan.

“Jika terjadi gangguan dan keluhan listrik, masyarakat bisa langsung membuat pengaduan melalui Aplikasi PLN Mobile,” katanya.

PT PLN ULP Tapaktuan menyiagakan personel untuk menjaga keandalan pasokan listrik di saat cuaca hujan dan angin kencang sehingga dapat bergerak cepat mengantisipasi apabila terjadinya gangguan akibat hujan dan angin kencang yang melanda kawasan itu.

Baca: PLN Aceh pastikan defisit listrik di Sabang bisa ditangani, begini strateginya
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024