Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda mengerahkan sebanyak 1.569 personel untuk pengamanan kunjungan kerja Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin ke Provinsi Aceh.

“Seluruh satuan di jajaran Kodam Iskandar Muda dan satuan-satuan perkuatan lain yang tergabung dalam Kogasgabpad Pam VVIP untuk segera melakukan langkah-langkah preventif dan antisipatif dalam rangka pengamanan Wapres dengan maksimal,” kata Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela memimpin apel gelar pasukan pengamanan kunker Wakil Presiden Republik Indonesia di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Ia menjelaskan apel gelar pasukan tersebut juga merupakan bagian dari bentuk pengecekan kesiapan satuan-satuan yang ada di wilayah Kodam Iskandar Muda yang bersifat integrasi antara TNI, Polri dan pemda guna pengamanan kunker Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin beserta ibu dan rombongan di wilayah Kota Banda Aceh.

Baca: Pangdam: Perlu peran serta elemen masyarakat jaga kedamaian

Menurut dia, Pam VVIP jangan hanya dijadikan tugas rutin, tapi harus dijadikan tugas ini sebagai suatu operasi baru yang merupakan tugas kehormatan dan harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga tidak menimbulkan kelengahan dan terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya.

“Jika terjadi kendala di lapangan dapat sesegera mungkin untuk diatasi," kata Pangdam IM.

Pangdam IM yang juga Pangkogasgabpad Pam VVIP meminta semua unsur Satgas Pam VVIP dapat melakukan koordinasi secara baik dan terpadu, sehingga tercipta sinergisitas yang solid dalam mengawal dan mengamankan kunjungan kerja Wakil Presiden RI beserta rombongan.

Ia menambahkan apel gelar pasukan juga bertujuan mengetahui kesiapan prajurit, alutsista, maupun unsur pendukungnya, sehingga sewaktu-waktu dapat digerakkan serta mampu bereaksi dengan sigap dan cepat sesuai permintaan.

Wapres KH Ma’ruf Amin beserta Ibu dijadwalkan berkunjung ke Aceh pada 29 sampai 30 Mei 2024. Dalam kunjungan tersebut Wapres RI turut didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dalam rangka meresmikan Gedung Landmark BSI Aceh.

Baca: Pangdam perkuat sinergi jaga keamanan di Aceh
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024