Meulaboh (ANTARA Aceh) - Universitas Teuku Umar (UTU) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh akan mengadakan Simposium Nasional dan Ekspo Kelautan dan Perikanan 2017 pada 16-17 Oktober 2017.

Rektor UTU Prof Dr Jasman J Ma'ruf, SE, MBA, kepada wartawan di Meulaboh, Senin mengatakan, semua dosen muda, peneliti, mahasiswa/i yang dapat mencurahkan hasil penelitiannya pada kegiatan berskala nasional itu.

Awal kegiatan tersebut ditandai dengan dilakukannya lounching Website Simposium Nasional dan Ekspo Kelautan dan Perikanan 2017 pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Keluatan (FPIK) oleh Rektor UTU bersama Dekan F-PIK serta civitas akademika.

"Harus ada format penulisan artikel supaya seragam dan perlu dibuat dalam ukuran standar dan perlu dijaga konsistensi. Selain itu, cari ikon yang sesuai dan menarik yang bisa mencerminkan sebuah makna," kata Rektor Prof Jasman.

Ia menyatakan, kegiatan mengambil tema "Potensi dan Strategi Pengembangan Marine Industries Menuju Kemandirian Pangan Nasional".

Prof Jasman menyampaikan, sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi negeri di Indonesia, UTU wajib berkontribusi untuk berbagai sektor pembangunan regional dan nasional, salah satunya adalah seperti yang akan dilaksanakan itu.

Menurut dia, wadah tersebut perlu dipublikasi ini merupakan peluang besar untuk melahirkan artikel-artikel ilmiah, Fakultas PIK-UTU diharapkan dapat melakukan pengembangan dalam rangka meningkatkan program-program kerja kelembagaan.

Sementara itu, Dekan Fakultas PIK - UTU Dr Edwarsyah, SP MP menjelaskan, keynote speaker pada acara simponsium adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Dr (HC) Susi Pudjiastuti, kementrian terkait, dosen IPB serta pihak terkait lain.

"Sub topik kegiatan tersebut adalah pengelohan hasil perikanan, akuakultur (budidaya perairan), menagemen sumber daya perairan, sosial ekonomi perikanan, teknologi penangkapan ikan, ilmu kelautan dan penyuluhan perikanan," sebutnya.

Penerimaan abstrak 8 September 2017 hingga batas akhir pendaftaran 10 Oktober 2017, pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman http://semnas.fpik.utu.ac.id atau datang langsung ke sekretariat panitia simposium dan ekspo 2017 di Kampus UTU.

Abstrak dan makalah ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 250 kata, format makalah dapat diunduh pada website yang disebutkan di atas, kemudian bisa dikirimkan ke email semnasfpik@utu.ac.id.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017